Cari Artikel di Blog Ini:

Sabtu, 03 Januari 2015

Cara Mendorong Keberanian

"SELALU ADA RESIKO DALAM HIDUP INI"

Setelahnya saya posting tulisan, "Keberanian dan Resiko." Ada temen saya berkomentar begini, "Sy termasuk orang yg gak berani utk menghadapi resiko kehidupan :D," tulis dia lewat jaringan BB.

Membaca komen temen saya semasa kuliah di Bandung dan sekarang jadi sanitarian di salah satu Puskesmas Kota Bandung tersebut, saya langsung membalasnya dengan menuliskan kalimat berikut ini.

"Kalau begitu harus dicari faktor yang mendasarinya? Pasti ada sebab yang melatar belakanginya....," demikian jawaban saya lewat saluran BB.

"Yup....," jawabnya.

* *

Orang yang tidak berani menghadapi resiko kehidupan pasti banyak sebab yang melatabelakanginya. Bisa karena trauma masa lalu, punya pengalaman yang memalukan, tidak percaya diri, dan hal-hal lain yang pokoknya menyebabkan seseorang bersikap menjadi tidak berani menghadapi kehidupan.
Padahal, kalau kita sadar bahwa selalu ada resiko dalam hidup ini. Ngapain kita jadi takut dan tidak berani yang berlebihan.

Berikut ini ada cara untuk mendorong Anda berani mengambil keputusan, diantaranya:

~ Yakinkan dalam diri Anda bahwa dalam hidup selalu ada resiko.

~ Bersahabat dengan masalah, yaitu dengan cara mengidentifikasi setiap maslah yang kita hadapi.

~ Selesaikan masalah secepat mungkin, jangan ditumpuk-tumpuk maslahnya.

~ Berpikir positif terhadap masalah dalam kehidupan.

~ Biasakan membuat rencana tindak lanjut atas jalan keluar dari setiap maslah yang di hadapi.

Akhirnya, yakinkan diri Anda bahwa masalah itu datang sesuai kemampuan yang dimiliki hambaNya. Jadi, tidak usah takut terhadap kehidupan ini. Bukankah, masa depan adalah milik mereka yang berani menghadapi resiko persoalan dengan gagah, ketimbang mereka yang lari dari masalah dan bergerilya di belakang.

Bagaimana menurut sahabat?

Salam berkah selalu.......!
Arda Dinata
Pin BB ~ 51D2B002


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002