Cari Artikel di Blog Ini:

Kamis, 19 Februari 2015

Perbarui Hatimu Nak! Dengan Menulis!

"Hati adalah pusat kendali seluruh panca indera manusia. Jaga dan perbarui hati agar terus menyala nilai-nilai Illahi. Hidup pun indah penuh kebahagian dan keberkahan bila hati terus disirami dengan nur-Nya.Caranya yaitu lewat menulis." ~Arda Dinata~

Tetes-tetes hujan membasahi seisi bumi. Aroma tanah yang basah begitu tercium mesra di tiup angin tanpa basa basi. Saya pun menikmati rintik-rintik irama hujan yang menari dalam keremangan senja yang penuh bersahaja.

Pada ujung pena tak terasa terus menari merangkai kata-kata menjadi kalimat yang memberi makna dan arti. Seperti datangnya hujan yang selalu memberi arti bagi para petani yang sedang membutuhkan air untuk menyirami lahan pertaniannya.

Ada tanya kenapa pena itu dapat menuliskan buah pikiran saya yang terus mengalir? Seperti mata air yang terus mengalirkan air. Buah pikiran saya pun terus meronta-ronta minta untuk segera dituliskannya agar tidak hilang ditelan kelupaan yang begitu nyata milik manusia.

Buah pikiran saya tersebut, diyakini sangat dipengaruhi dan dikendalikan oleh hati saya. Hati adalah pusat kendali dari semua aktivitas manusia lewat fungsi-fungsi yang diperankan panca indera. Begitu pentingnya kualitas dan suasana hati manusia, maka adalah tugas dan kewajiban tiap manusia untuk selalu memperbarui kondisi hati kita.

Salah satu jalan untuk memperbarui hati manusia adalah lewat jalan menulis. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan penulis bestseller, Alberthiene Endah dalam buku Menulis Fiksi Itu Seksi, 1001 Trik Menulis Fiksi dengan Asyik dari Penulis Bestseller, "Kenapa saya menulis? Sebab dengan menulis, saya ngak akan kehabisan dunia. Selalu saya temukan ruang-ruang baru dengan sensasi mendebarkan. Menulis adalah cara yang indah untuk memperbarui hatimu dan memperluas cakrawala."

Sungguh tidak berlebihan, bila dikatakan kalau menulis itu sarana yang tepat, bermanfaat, dan berguna bagi dunia-akherat dalam memperbarui hati manusia.

Jadi, yuk kita biasakan menulis tiap hari dari apa yang telah bibaca, dilihat, direnungkan, dan ditelaah untuk menghadapi masa depan. Dengan menulis, maka hidup kita akan ada untuk selamanya. Sebab, lewat tulisan buah pikiran dan pancaran hati kita akan langgeng dan terpelihara sepanjang jaman. Semoga!

Bagaimana menurut Anda?

Selamat berlibur, salah sukses-berkah selalu. Aamiin....!

~Arda Dinata,
Pengusaha Inspirasi di MIQRA Indonesia.


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran