Cari Artikel di Blog Ini:

Minggu, 01 Maret 2015

Menulis Itu Butuh Motivasi Kuat

"Motivasi itu energi yang menggerakan roda-roda kehidupan manusia. Energi motivasi pula yang membuat penulis menyelesaikan tulisannya. Di antara motivasi yang paling kuat itu datang dari dalam kesadaran diri kita sendiri. Pihak luar hanyalah sedikit pencetus saja. Sebab, motivasi diri inilah yang membuat Anda gairah dalam menulis." ~Arda Dinata~

Ada cerita yang mungkin bisa saya bagikan dan dapat menjadi ibroh dalam dunia tulis menulis bagi pembaca setia jurnal harian saya ini. Ceritanya, pada masa kuliah dan kerja pada dunia akademik di Bandung, tepatnya Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Kutamaya Bandung ~saat ini lembaga pendidikan tersebut sudah almarhum~. Saya dan beberapa temen yang punya minat dalam jurnalistik, khususnya menulis artikel di media massa tiap harinya sering berkumpul dan berdiskusi tentang tema aktual apa yang layak untuk ditulis dan kemungkinan besar layak muat.

Diskusi dan sharing ini begitu terasa dampak positifnya. Hal ini terbukti dengan produktivitas hasil tulisan yang tiap anggota diskusi itu hasilkan dan hampir tiap minggu ada yang dimuat. Pokoknya, tiap anggota saling memotivasi dengan menyindir, "Mana tulisannya, ayo segera buat dan kirimkan?" Ungkap temen yang tulisannya sudah dimuat.

Suasanya saling memotivasi itu, begitu menggairahkan dan membuat produktitas menulis itu terjaga. Namun ceritanya berubah, setelah saya sebagai pelopor yang sering mengompori itu pindah kerja di luar daerah yaitu daerah Priangan Timur, Kabupaten Pangandaran.

Pada bulan awal-awal perpisahan itu, komunikasi lewat email dan telepon masih sering kami lakukan. Namun, seiring berjalannya waktu dan kesibukan kerja masing-masing anggota diskusi tersebut akhirnya tenggelam dan tidak tahu rimbanya dalam aktivitas menulis. Hal ini terbukti dari tidak munculnya tulisan-tulisan mereka di koran yang menjadi langganan pemuatan tulisannya.

Ketika saya tanyakan tentang fenomena tersebut, seorang temen mengatakan dirinya saat ini ngak ada lagi yang memotivasi dalam menulis. "Akibat jarang menulis dan tidak ada yang memotivasi lagi, maka untuk memulai menulis sangat susah. Menulis tidak begairah lagi." Ungkap temen saya itu.

Saya katakan, "Memang untuk menulis itu butuh motivasi dan motivasi yang paling kuat dan bagus itu harusnya datang dari kesadaran diri kita sendiri." Jawab saya lewat telepon coba membangun motivasi dirinya yang hilang itu.

Saya sendiri, jauh-jauh hari sudah memahami dan mencoba terus mempraktekkan motivasi menulis dalam pikiran dan hati saya bahwa motivasilah terus menerus dalam hidup keseharaian untuk selalu menulis. Kalau tidak menulis, maka nanti akan sulit memulai lagi menulis. Bahkan kebiasaan menulis akan tenggelam tergantikan dengan aktivitas lainnya. Alhamdulillah hasilnya sampai sekarang aktivitas menulis dengan aneka media dan jenis tulisan masih terjaga dengan baik.

Dalam hal ini, diakui oleh Sofie Beatrix, penulis Kitab Writerpreneur, Jangan (Takut) Jadi Penulis! Yang mengungkapkan, "Ketika dalam perjalanan menulis, tiba-tiba ada saja kendala yang terjadi, apalagi jika tidak ada bos yang mengawasi dalam pekerjaan ini karena bosnya adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda butuh motivasi yang kuat untuk bisa mempertahankan semangat Anda agar bisa terus menulis hingga akhir." Demikian paparan Sofie yang telah membimbing lahirnya  penulis buku ini.

Lalu, pertanyaannya adalah apa yang dapat membangun motivasi Anda dalam menulis? Jawabnya ada dalam diri Anda sendiri. Ada dalam pikiran dan hati Anda masing-masing. Untuk itu coba cari dan gali motivasi yang dapat menyemangati Anda dalam menulis!

Beberapa motivasi itu, diantaranya adalah untuk mengurangi stres; menemukan jati diri dan makna hidup; meningkatkan percaya diri, komitmen dan semangan hidup; berbagi ilmu pengetahuan; menambah penghasilan; dan lainnya.

Terkait tentang menambah penghasilan dari menulis, nanti akan saya ceritakan pada tulisan saya selanjutnya. Jadi, apa pun motivasi Anda adalah sah-sah saja sepanjang tidak merugikan orang lain. Yuk menulis....dan terus memotivasi diri untuk selalu menulis!

Akhirnya, saya tunggu kabar baik dari Anda. Salam sukses-berkah selalu....! Aamiin.

~Arda Dinata,
Pengusaha Inspirasi di Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran