Cari Artikel di Blog Ini:

Selasa, 03 Maret 2015

Menulis Itu Membaca Diri

"Kehidupan ini adalah proses membaca diri. Manusia lahir tak berpengetahuan. Lewat  membacalah yang menjadikan dirinya tahu segala sesuatu. Membaca itu melihat, mendengar, dan merasakan segala sesuatu yang ditangkap panca indera. Pikiranlah yang mengolahnya sampai diaplikasikan dalam kehidupan keseharian." ~Arda Dinata~

Suasana pedesaan begitu terasa. Saya pun menikmati suasana pedesaan itu dengan riang gembira. Masa kecil di pedesaan masih menempel dalam ingatan saya. Bagaimana saya pergi ke sekolah beralaskan kaki seadanya. Sepanjang perjalanan begitu banyak canda dan tawa yang seakan tidak ada habisnya diantara temen-temen saya itu.

Itulah sepenggal bacaan memori pikiran saya pada masa anak-anak dulu. Mengapa kita mampu mengingat cerita masa anak-anak? Sebab, sejatinya manusia itu dalam hidupnya adalah selalu membaca. Membaca apa saja yang dilihatnya, dirasakannya, dan direnungkannya.

Dengan membaca, diri manusia menjadi tahu dan mampu menghadapi kehidupannya. Lewat membaca juga hidup manusia menjadi lebih berdaya.

Terkait dengan menulis, membaca adalah menjadi modal utama bagi seseorang yang ingin jadi penulis. Artinya, dengan banyak yang kita baca, maka tentu akan banyak yang bisa kita jadikan sebuah tulisan.

Masalahnya banyak diantara kita tidak membiasakan diri untuk menuliskan apa-apa yang telah dibaca. Coba Anda bayangkan, berapa buah tulisan dan buku yang dihasilkan bila semua pembacaan kehidupan itu dituliskan? Saya yakin, ide untuk menulis itu tidak akan ada habisnya.

Untuk itu, mulai saat ini saya mengajak Anda yang membaca tulisan ini, mari kita membiasakan menulis lewat membaca diri. Sebab, di situ begitu berlimpah ide dan tema tulisan yang bisa kita gali dan kembangkan menjadi tulisan.

Bagaimana menurut Anda? Salam sukses-berkah selalu. Aamiin.

~Arda Dinata,
Pengusaha Inspirasi di Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002