Cari Artikel di Blog Ini:

Rabu, 10 Juni 2015

Rasa Ingin Tahu Itu, Ibu Segala Ilmu

"Sosok ibu adalah sosok yang tak terlupakan. Wajah dan kasih sayangnya akan terus terbayang. Senyumnya tidak akan habis karena terus dibagikan secara ikhlas pada anak-anaknya. Ibulah sumber ilmu kehidupan seorang anak. Ilmunya mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi. Ibulah sesungguhnya pemilik rahim ilmu yang kita miliki saat ini." ~ Arda Dinata~

Pagi buta, seorang ibu sudah terbangun menyiapkan kebutuhan untuk keluarganya. Rasa kantuk yang menyerangnya dapat ditepiskan dan dikalahkan oleh rasa tanggungjawab yang harus dia tunaikan demi kemuliaan keluarga, suami dan anak-anaknya. Aktivitas rutin paginya, siap dia lakoni mulai dari menyiapkan sarapan buat anggota keluarga, pakaian yang akan dipakai anak-anaknya, membersihkan rumah, dan aktivitas rutin lainnya.

Aktivitas seperti itu, dia lakukan bukan sekali dua kali. Tapi, seumur hidupnya. Sampai anak-anaknya mandiri. Dan bahkan walau anak-anaknya sudah mandiri, rasa kasih sayang seorang ibu itu tidak akan luntur dan hilang. Hatinya begitu mulia dan ikhlas demi anak keturunannya. Sungguh mulia sosok ibu ini.

Berbicara ibu dan ilmu, saya kira kedua kata tersebut memiliki keterkaitan yang luar biasa. Ibu itu, tidak diragukan lagi akan pusat ilmu pengetahuan pertama bagi anak-anaknya. Jadi, bagi Anda kaum laki-laki yang mau cari pasangan hidup, maka harus betul-betul mencari sosok perempuan yang memiliki sifat keibuan yang bisa membimbing calon anak-anaknya. Makanya, seorang ibu harus mampu dan terus menambah ilmunya sepanjang hidupnya.

Cara yang mudah untuk mendapatkan ilmu baru adalah dengan cara bertanya. Peliharalah selalu rasa ingin tahu dalam pikiran Anda, karena hal itulah merupakan ibu segala ilmu. Dengan bertanya kita akan mendapatkan informasi jawaban dari setiap yang kita tanyakan. Era informasi seperti saat ini, tentu banyak sarana yang bisa kita tanyakan tentang apa yang ingin kita ketahui. Jadi, banyak-banyaklah Anda bertanya kepada sumber yang tepat, biar informasi yang kita dapatkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Terkait dengan ibu segala ilmu ini, Hernowo (2003) menuliskan bahwa dirinya terkesan pada catatan harian yang dibuat oleh seorang pemikir besar Islam asal Pakistan, Dr. Sir Muhammad Iqbal (1873-1938). Dalam catatan hariannya ---yang dijuduli sangat menarik, Stray Reflections--- Iqbal yang juga penyair dan ahli hukum itu menuliskan, "Rasa ingin tahu, kata Plato, adalah ibu dari segala ilmu. Bedil (Mirza Abdul Qadir) melihat rasa ingin tahu dari sudut pandang lain. Bagi Plato, rasa ingin tahu itu berharga karena ia membimbing manusia mempertanyakan tentang alam; bagi Bedil, rasa ingin tahu punya nilai sendiri tanpa harus dikaitkan dengan konsekuensi intelektualnya. Tidak mungkin kita mengekspresikan gagasan ini lebih indah dari Bedil."

Akhirnya, tidak berlebihan bagi Anda yang ingin mencari ibu segala ilmu maka caranya adalah dengan cara bertanya. Lewat bertanya, pikiran kita akan disuguhi segala informasi yang Anda inginkan. Banyaklah bertanya, maka ilmu Anda akan terus bertambah. Sudahkah Anda bertanya hari ini?


Pangandaran, 10062015
Salam Inspirasi....

Arda Dinata, selalu membaca-menulis, penggagas dan penggiat Arda Republik Inspirasi (ARI) Indonesia, serta pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia, www.miqraindonesia.com.


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran