Cari Artikel di Blog Ini:

Rabu, 22 Juli 2015

5 Rahasia Menjadi Penulis

"Rahasia menjadi penulis itu ada dalam diri Anda. Siapa pun Anda bisa jadi penulis. Penulis itu milik mereka yang mau menulis bukan membaca. Tapi, untuk jadi penulis Anda harus rajin membaca." ~Arda Dinata~

http://t.co/6aGly3cPjm
5 Rahasia Menjadi Penulis Sukses
Rahasia menjadi penulis sebetulnya hanyalah bahasa afirmasi agar kita bersemangat untuk mewujudkan jadi penulis. Penulis itu kerjaannya adalah menulis. Menulis itu bahasa perbuatan bukan bahasa keinginan.

Untuk jadi penulis, seseorang itu harus mempunyai bahan yang akan jadi tema tulisannya. Bahan itu, bisa didapat dari aneka sumber, bisa dari sumber bacaan, pengalaman hidup, dan hasil renungan dari setiap fenomena kehidupan yang dilihat serta dialami.

Rahasia menjadi penulis itu akan mengantarkan Anda pada kesadaran dan kemudahan bagaimana menuangkan ide dan inspirasi menjadi sebuah tulisan.

Pemacu Rahasia Jadi Penulis

Suatu ketrampilan itu harus dilakukan secara rutin dan terus menerus. Demikian juga dengan ketrampilan menulis, bagi siapa pun yang ingin menjadi penulis sebagai syaratnya ialah harus menulis, menulis, dan menulis setiap hari. Semakin diri Anda sering melatih ketrampilan menulis, maka otot-otot kesuksesan menulis Anda akan semakin terasah.

Terkait dengan pemacu untuk menjadi penulis, menurut Naning Pranoto, yang lebih penting adalah memacu diri dengan tekad kuat menjadi penulis atau pengarang.

Lebih jauh, Naning mengungkapkan paling tidak ada lima pemacu seseorang agar bisa menjadi penulis.

Pertama, menyediakan waktu untuk merenung, mencari ide sumber tulisan. Tanpa ada ide, tentunya tidak akan ada materi yang dapat ditulis. Ide dapat diperoleh dari mana saja. Dalam hal ini, Ernest Hemingway mengatakan, "Jika Anda kesulitan pada saat akan mulai menulis, buka jendela lebar-lebar, lihat keluar sejauh mungkin. Dunia dan isinya adalah sumber cerita dan setiap peristiwa adalah sebuah keajaiban!"

Kedua, punya kemauan untuk berimajinasi yang kemudian dipetakan menjadi sebuah plot tulisan. Menurut Orwell, pada saat seseorang berimajinasi, seharusnya ia sekaligus memikirkan dengan penuh perhitungan bentuk tulisan yang akan ditulis. Selain itu, ia juga harus membatasi mana yang akan ditulis dan tidak, karena tidak semua ide dapat dijadikan bahan tulisan.

Ketiga, wajib menyediakan waktu untuk menulis ide yang telah diolah dengan imajinasi menjadi karya/tulisan. Bagi penulis pemula, sebaiknya membuat draf tulisan dahulu untuk memudahkan proses penulisannya. Menurut pengakuan Eudora Welty, "Saya selalu membuat draf karya-karya saya sebelum ditulis dengan mesin tik. Dari draf akan berkembang plot, memanasnya konflik, pengembangan karakter para tokohnya, dan dialog-dialog yang bernas!"

Keempat,  adanya kemauan mengoleksi kosa kata yang akan dirangkai menjadi kalimat-kalimat tulisan. Tanpa kata, cerita takkan pernah ada. Orwell menyebut, "Kata-kata yang digunakan untuk menulis tidak hanya puya kekuatan, tetapi juga nilai artistik atau berseni." Dalam hal ini' kamus perlu disediakan untuk memperkaya kosa kata.

Kelima, sediakan waktu untuk menulis materi yang telah dibuat draf terlebih dahulu. Usahakan menulis tanpa ada penundaan waktu, karena sangat mungkin, penundaan waktu akan mengurangi atau menurunkan daya kreativitas seseorang.

Itulah lima rahasia kondisi yang akan memicu kesuksesan Anda dalam melancarkan otot-otot kreatifitas menulis. Walau demikian, saya yakin karena menulis itu merupakan sebuah ketrampilan maka tiap orang itu akan memiliki cara yang cocok sesuai kepribadiannya. Lima rahasia menjadi penulis tersebut, hanyalah sebuah pemacu yang bisa Anda modifikasi sesuai selera dan cocok dengan kebiasaan.

Sebagai catatan akhir tulisan ini, rahasia menjadi penulis itu sejatinya adalah Anda sendiri yang mengetahui dan pola-pola menulis yang cocok buat Anda. Jadi, latihlah terus ketrampilan Anda dalam menulis itu setiap hari secara simultan dan berkelanjutan. Tanpa membuat tulisan setiap hari, maka menjadi penulis itu akan hanya menjadi sekedar keinginan. So, menulislah sekarang juga!

Bagaimana menurut Anda?

Purwakarta, 22 Juli 2015
Salam sukses berkah selalu....

Arda Dinata www.ArdaDinata.com
Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia, www.MiqraIndonesia.com


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002