Sabtu, 18 Juli 2015

6 Modal Utama Menjadi Penulis Kreatif

"Suasana puasa dan lebaran telah melahirkan banyak ide untuk dibagikan lewat tulisan. Tulislah apa pun yang menurut Anda bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Maka kebaikan Anda akan terus mengalir sejernih air pegunungan. Menyegarkan dan menggariahkan. Betapa beruntungnya, bila Anda mampu menjadi penulis yang menginspirasi dan menjadi jalan kebaikan bagi orang lain." ~www.ArdaDinata.com~

Lebaran tahun 2015 ini, menyisakan cerita tersendiri di sana sini. Paling tidak saya menangkap banyak hikmah yang bisa diambil sebagai pelajaran dalam mengarungi kehidupan ini.

Berbagai hikmah yang tercecer dalam kejadian demi kejadian kehidupan manusia ini, sudah seharusnya membuat hidup kita menjadi lebih dewasa.

Hikmah itulah yang mengajarkan ilmu praktik yang tidak harus diri kita yang mengalaminya. Lewat ilmu hikmah, hidup seseorang akan lebih bijaksana dalam menyikapi setiap problmatika kehidupan yang dihadapi.

Lewat prinsip hidup berpikir dengan hikmah itulah, saya pun dapat menuliskan setiap apa yang didapat lewat membaca, berpikir dan merenungkan semua kehidupan yang menerpa diri saya dan orang lain. Baik kejadian yang menyenangkan, menyedihkan, dan membikin hati kita tertekan sekalipun. Semua itu, bila dimaknai dengan hikmah maka akan lahir ide untuk dibagikan lewat tulisan. Jadi, berpikir kreatiflah ketika Anda ingin jadi penulis yang penuh hikmah.

Modal Utama Jadi Penulis Kreatif

Selalu ada saja yang ingin jadi penulis. Hal ini saya temui di lebaran tahun ini, ketika temen lama bertemu dan berbincang-bincang secara bebas. Namun, ujungnya dia berminat ingin jadi penulis seperti saya katanya.

Saya bilang ke temen lama saya itu bahwa sudah terlalu banyak orang yang ingin jadi penulis. Tapi, tidak terlalu banyak dari mereka itu yang berusaha untuk mewujudkannya. Menulis itu, adalah bahasa perbuatan bukan bahasa keinginan. Artinya, bila Anda ingin jadi penulis maka segeralah Anda menuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda yang ingin disampaikan pada orang lain lewat tulisan.

Terkait dengan keinginan menjadi seorang penulis, Naning Pranoto (2011) dalam buku 24 Jam Memahami Creative Writing, mengungkapkan ada 6 modal untuk jadi penulis itu.

Modal pertama untuk jadi penulis (termasuk penulis kreatif) bukanlah bakat, melainkan tekad mantap dan mau melakukan praktik menulis secara berkesinambungan. Modal utama untuk jadi penulis adalah berani menulis.

Modal kedua, banyak membaca berbagai buku bacaan untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan tentang lingkungan naupun tentang Al-Khaliq -Sang Maha Pencipta-, manusia dengan berbagai aspeknya, serta isi alam semesta.

Modal ketiga, banyak bergaul atau bersosialisasi untuk menyelami kehidupan yang hakiki.

Modal keempat, mempelajari bahasa dengan memahami berbagai kosa kata sebagai media menulis. Tanpa menguasai suatu bahasa, seseorang mustahil dapat menulis.

Modal kelima, mempunyai sarana untuk menulis, yaitu ruangan dan fasilitas menulis yang memadai, didukung atmosfir yang mendukung.

Modal keenam, bertekad kuat menulis karya bermutu, bukan hanya tulisan kelas hiburan. Hanya dengan tekad kuat serta ketekunan yang luar biasa, seorang pujangga dapat menghasilkan karya yang penuh nilai serta sinar pencerahan bagi pembacanya.

Dengan kata lain, terkait yang terakhir itu adalah karya yang juga mampu memotivasi ke arah untuk menambah pengetahuan dan untuk menuju kebenaran.

Selain enam modal utama tersebut, saya setuju dan telah mempraktikkan apa yang disarankan oleh Bambang Trims, seorang kompormis dunia penulisan bahwa untuk mendapatkan ide penulisan, maka Anda disarankan melakukan tiga hal, yaitu membaca, bersilaturahmi pada sumber ilmu, dan bertamasya.

Kalau Anda sudah melakukan ketiga hal tersebut, maka siap-siap Anda untuk kebanjiran ide sebagai bahan dalam penulisan. So, tidak ada alasan bagi Anda yang ingin menjadi penulis untuk mempraktikkan apa yang sudah saya paparkan di atas. Untuk itu, siap-siaplah Anda mengikat makna dan hikmah dari hasil ketiga kegiatan tersebut. Jadi, saatnya Anda panen ide ide sebagai bahan untuk penulisan.

Ok, semoga paparan tulisan ini bisa menambah motivasi Anda untuk menjadi penulis yang kreatif dan produktif. Saya tunggu komentar dan kabar baiknya lewat blog saya di www.ArdaDinata.com.

Salam sukses berkah selalu.....!

Purwakarta, 18 Juli 2015
@ArdaDinata
www.ArdaDinata.com



PELUANG BISNIS TERBARU DI ERA NETIZEN
Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
www.AzariaStore.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

ARSIP ARTIKEL