Cari Artikel di Blog Ini:

Kamis, 26 November 2015

Pendidikan, Berpikir Positif, dan Kebijaksanaan

"Pendidikan itu tidak ada matinya. Sosoknya akan merubah pribadi seseorang menjadi lebih baik. Pendidikan itu sumber pengetahuan. Pengetahuan melahirkan kekuatan. Lewat pendidikan itulah pola pikir positif manusia akan terbentuk." ~Arda Dinata~

Era saat ini, pendidikan bukan barang mewah. Dalam arti pendidikan itu bisa kita dapatkan darimana saja. Era kebebasan informasi telah melahirkan kran-kran ilmu pengetahuan yang begitu melimpah ruah. Asal ada kemauan, disitu akan ada jalan. Sumber-sumber ilmu pengetahuan di era internet ini begitu banyak yang bisa kita manfatkan dan maksimalkan secara positif.

Keberadaan sumber informasi yang melimpah itu, tentu menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi manusia. Namun, menurut Shiv Khera (2002) dalam buku "Kiat Menjadi Pemenang", menuliskan bahwa tidaklah seluruhnya benar kalau pengetahuan adalah kekuatan. Artinya, pengetahuan adalah kekuatan potensial dan hanya akan menjadi kekuatan riil jika digunakan dalam tindakan.

Lebih jauh Shiv Khera menguraikan, "Pengetahuan adalah kekuatan potensial, kebijaksanaan adalah kekuatan riil. Pendidikan dapat diperoleh dalam berbagai bentuk, bukan hanya nilai dan gelar. Pendidikan adalah mengembangkan kekuatan Anda, belajar mendisiplinkan diri, mendengar, dan berhasrat belajar."

Pikiran Positif

Pendidikan itu kunci suksesnya ada dalam pola pikir dari diri kita masing-masing. Pikiran kita, dalam bahasa Shiv Khera, seperti otot-otot dalam tubuh kita, akan menjadi merengang atau menyusut tergantung pada bagaimana kita melatihnya.

Untuk itu, di sini diperlukan dan pentingnya memiliki sikap positif dalam diri seseorang untuk menjalani kehidupan keseharian. Apalagi sikap positif ini, menurut George Shinn tidak hanya akan mengubah hidup Anda, tapi juga akan mengubah dunia Anda.

Pada tataran untuk menggapai kondisi pola pikir dan sikap positif tersebut, maka tidak berlebihan bila pribadi kita harus menempuhnya lewat pendidkan yang positif. Sebab kita tahu, lewat pola pendidikan positif yang diterapkan secara terus menerus itu akan menghasilkan sikap positif.

Muara dari pola pikir dan sikap positif itu adalah kebijaksanaan. Kebijaksanaan itu akan melahirkan pribadi manusia yang optimis dan tegar.

Berikut ini, ada beberapa sifat dari pribadi-pribadi yang tegar yang disampaikan A.J. DuBrin, yaitu: "Bertanggung jawab atas hidupnya sendiri; Tanggap terhadap tantangan; Harga diri dan kepercayaan diri yang tinggi; Bersedia mengambil resiko; tegas dalam menghadapi kegalauan; Bijak dalam menerima nikmat; Memilih urusan pribadi dari pekerjaan; dan tahu bagaimana meminta bantuan."
Akhirnya, terkait pendidikan ini, bila Anda merasa masih mengganggap mahal dan sepele terhadap pendidikan dalam diri kita, ada sindiran yang membangun dari Derek Bok, "Jika Anda berpikir bahwa pendidikan mahal, maka cobalah kebodohan," katanya.

Lalu, bagaimana menurut Anda tentang pola pendidikan, berpikir positif dan kebijaksanaan tersebut? Salam sukses dan berkah selalu. Aamiin.

Pnd, 26 November 2015
~Arda Dinata~
Www.ArdaDinata.com


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran

ARSIP ARTIKEL