Cari Artikel di Blog Ini:

Sabtu, 21 November 2015

Perjalanan Itu Penuh Hikmah

"Membaca menambah wawasan ilmu yang mencerdaskan. Silaturahmi memberi tali ikatan kelanggengan dan pembuka rezeki. Perjalanan menjaring hikmah kehidupan. Inilah modal bagi seorang penulis yang tak pernah ada habisnya." ~Arda Dinata~

Lautan inspirasi itu tersaji dan bermunculan manakala saya bergelut dengan tumpukan literasi. Lewat aktivitas membacalah, aliran pengetahuan terus bertambah dalam memori otakku. Saya pun begitu menikmati aneka literasi yang memikat hati dan pikiranku. Makanya tidak ada hari terlewat untuk selalu membaca. Membaca apapun, selain barang yang tercetak, media darling, dan sampai pola kehidupan manusia serta alam.

Saya juga sangat menikati silaturahmi. Lewat silaturahmi hubungan kekerabatan, persaudaraan, jaringan bisnis, luapan rezeki terus mengalir lewat arah yang tak terduga-duga. Seperti yang terjadi hari Jumat, 20 November 2015 di kantor saya mendapat kunjugan dari temen-temen mahasiswa Stikes Jenderal Ahmad Yani Cimahi lebbih dari 50 orang. Mereka datang ke kantor saya untuk berwisata ilmiah seputar dunia nyamuk. Selain menonton film dokumenter tentang nyamuk, mereka juga melihat tanaman obat malaria dan pengusir nyamuk (Tompen), serta mengamati siklus hidup nyamuk di ruang insektarium.

Para mahasiswa pun tidak berhenti di situ, mereka juga mendapat pelajaran dan pengalaman praktek langsung seputar nyamuk, diantaranya belajar identifiksi genera nyamuk pradewasa dan nyamuk dewasa, serta melakukan pembedahan nyamuk. Lalu, pada malam harinya kita ajak juga para mahasiswa ini belajar menangkap nyamuk di rumah-rumah milik warga masyarakat. Disamping, sore harinya mereka kita ajak juga untuk melakukan pencidukan jentik dan larva nyamuk, serta pengukuran tempat perindukan nyamuk.

Lewat ajang silaturahmi wisata ilmiah itu, banyak inspirasi yang didapatkan. Kita saling berbagi ilmu dan pengalaman. Paling tidak para mahasiswa telah mendapat tambahan pengalaman dan ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk meningkatkan ketrampilan sebelum memasuki dunia kerja.

Aktivitas lainnya yang tidak kalah memberi inspirasi adalah melakukan perjalanan. Sebab perjalanan itu memberi banyak hikmah. Hari ini saya menikmati perjalanan menuju Bandung untuk mengikuti sebuah acara penulisan yang diadakan temen-temen di Psikologi Unpad Bandung. Melalui perjalanan ini saya mendapatkan aneka inspirasi dan hikmah kehidupan yang patut ditafakuri. Belum lagi, pastinya saya akan dapat ilmu baru seputar dunia penulisan bidang psikologi.

Sungguh luar biasa, lewat aktivitas membaca, silaturahmi, dan melakukan perjalanan saya yakin akan banyak ide yang bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Jadi, untuk produktif menulis lakukanlah ketiga aktivitas tersebut secara konsisten, dan siap-siap Anda merasakan manfaatkan. Selamat mencoba!

Pangandaran - Bandung, 20 November 2015

Arda Dinata
Www.ardadinata.com


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran

ARSIP ARTIKEL