Cari Artikel di Blog Ini:

Senin, 07 Desember 2015

Yang Langka Dalam Keluarga

"Langka itu istimewa. Keistimewaan itu harus diperjuangkan. Dalam keluarga itu banyak keistimewaan yang patut dijaga dan dipelihara, yaitu ada suami, istri, anak laki, dan anak perempuan. Inilah pilar-pilar keistimewaan yang mahal harganya."~Arda Dinata~

Malam itu, suasananya begitu menenangkan. Basahnya guyuran hujan membikin sejuk suasana malam yang mendamaikan. Malam penuh hikmah dan keistimewaan.

Salah satu keistimewaan itu, bersama malam yang hadir bernyanyi saya mendapat kiriman dari seorang sahabat yang penuh hikmah dan keistimewaan yang patut diperjuangkan oleh setiap insan manusia sesuai predikat dirinya.

Berikut ini selengkapnya kiriman tersebut, semoga kita semua mendapat pencerahan dari membaca tulisan berikut ini.

Yang Langka

Yang Langka Dalam Keluarga (Sumber foto: alfahmu.com)
Bismillaah...


Istri yang tunduk patuh pada suami. Yang senantiasa berseri-seri saat dipandang. Yang ridha terdiam saat suami marah. Tidak merasa lebih apalagi meninggikan suara. Tercantik di hadapan suami. Terharum saat menemani suami beristirahat. Tak menuntut keduniaan yang tidak mampu diberikan suaminya. Yang sadar bahwa ridha-Nya ada pada ridha suaminya.


Suami yang mengerti bahwa istrinya bukan pembantu. Sadar tak melulu ingin dilayani. Malu jika menyuruh ini itu karena tahu istrinya sudah repot seharian urusan anak dan rumah. Yang tak berharap keadaan rumah lapang saat pulang karena sadar itulah resiko hadirnya amanah-amanah yang masih kecil. Yang sadar pekerjaan rumah tangga juga kewajibannya. Yang rela mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena rasa sayangnya terhadap istrinya yang kelelahan.


Anak lelaki. yang sadar bahwa ibunya yg paling berhak atas dirinya. Yang mengutamakan memperhatikan urusan ibunya. Yang lebih mencintai ibunya dibanding mencintai istri dan anak-anaknya. Yang sadar bahwa surganya ada pada keridhaan ibunya.


Orang tua yang sadar bahwa anak perempuannya jika menikah sudah bukan lagi miliknya. Yang selalu menasehati untuk mentaati suaminya selama.  suaminya tidak menyuruhnya kepada perkara munkar. Yang sadar bahwa keridhaan Allah bagi anaknya telah berpindah pada ridha suaminya.


Seorang ibu yang meskipun tahu surga berada di bawah telapak kakinya. Tapi tidak pernah sekalipun menyinggung hal tersebut saat anaknya ada kelalaian terhadapnya. Yang selalu sadar bahwa mungkin segala kekurangan pada anak-anaknya adalah hasil didikannya yang salah selama ini. Yang sadar bahwa jika dirinya salah berucap atau do'a keburukan maka malaikat akan mengaminkan do'anya.


Anak yang senantiasa mendoakan kebaikan bagi orangtuanya dalam keheningan sepertiga malam terakhir. Meskipun sehari hari dalam kesibukan rumah tangganya. Dalam kesibukan usahanya.
Dalam kesibukan pekerjaannya.


Orang-orang yang saling memberikan nasehat dalam kebenaran dan kesabaran. Yang saling memaklumi jika hal-hal di atas lupa atau lalai dilakukan. Sehingga saling memaafkan diantara mereka. Maka rahmat Allah berada diantara mereka. Dan Allah dengan kemurahanNya memaafkan kesalahan-kesalahan mereka.

Yuk kita jadi yg langka-langka tersebut.... aamiin!

Barakallaahu fiikum.


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002