Rabu, 02 Maret 2016

Siapa Saja Artis Indonesia Yang Go Internasional?



SIAPA saja Artis Indonesia yang go internasional? Apakah Anda masih ingat heboh caci maki yang tertuju pada Agnes Monica Artis Terpopuler ini yang dulu ketika mengutarakan niatnya untuk go international? Ada yang bilang terlalu berlebihan, cari sensasi, dan berbagai tanggapan merendahkan keinginannya saat itu. Namun apa kenyataannya? Caci maki itu berubah menjadi standing applause ketika ia berhasil mewujudkan impiannya dan menepis komentar negatif yang meragukan tekadnya itu.

Ternyata, tidak hanya Agnes Monica Artis Terpopuler ini saja, banyak Artis Indonesia dan pekerja seni lainnya yang berbondong-bondong melakukan kerja keras untuk go international seperti yang sukses dilakukan Agnes Monica Artis Terpopuler ini, diantaranya ada Artis Indonesia: Anggun Cipta Sasmi, Nidji, Daniel Sahuleka, Dira Sugandi, Cinta Laura, Sandhy Sondoro, Ario Bayu, Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhian, Gita Gutawa, Sherina Munaf, Meeghan Henry, dan lainnya.        

Lewat tulisan kali ini, saya akan mengulas dari dua sosok Artis Indonesia yang go internasional tersebut, yaitu: Anggun Cipta Sasmi dan Agnes Monica.

Anggun Cipta Sasmi

Anggun C. Sasmi
Meraih gelar “diva internasional” di bidang tarik suara jelas bukan perjalanan singkat nan mudah. Anggun Artis Indonesia ini pun tak secara instan mendapatkan posisi seperti saat ini. Sepak terjang dari masa ke masa membuatnya harus mau dan mampu berproses karena dunia internasional tidak soal dirinya saja, melainkan bagaimana caranya bersaing dengan musisi dari belahan dunia lain yang tidak bisa direndahkan kualitasnya. 

Apakah Anggun Artis Indonesia ini selalu berhasil? Jelas tidak. Ia pernah gagal untuk mencoba memikat Inggris dengan suara emas dan pengorbanannya menjual recording label yang dirintis mulai dari nol. Tak ingin terjebak pada kegagalan ini, lalu Anggun Artis Indonesia ini kembali bangkit dan mencoba peruntungan di Perancis. Segala pengorbanan, kerja keras, dan pantang menyerah itu akhirnya mempertemukan Anggun Artis Indonesia ini dengan sebuah keberuntungan.

Mari kita simak perjalana Anggun C Sasmi untuk sampai menjadi Artis Indonesia yang go Internasional dan hikmah apa saja yang bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup kita?

Anggun Artis Indonesia ini sering dijuluki sebagai "Diva Indonesia". Anggun Artis Indonesia ini dikenal sebagai penyanyi yang memiliki jenis suara kontralto yang tebal serta teknik improvisasi vokal yang unik. Anggun sendiri telah dilatih vokal dengan keras oleh ayahnya Darto Singo sejak umur tujuh tahun.

Anggun C Sasmi mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol pada usia tujuh tahun. Di bawah bimbingan musisi Ian Antono, Anggun Artis Indonesia ini merekam album studio pertamanya di Indonesia berjudul Dunia Aku Punya pada tahun 1986. Namanya baru melambung setelah merilis singel berjudul "Mimpi" (1989). Pada usia yang masih belia, Anggun Artis Indonesia ini telah berhasil meraih kesuksesan sebagai penyanyi rock di Indonesia dengan diraihnya penghargaan "Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991".

Pada awal kariernya, Anggun Artis Indonesia ini banyak dipengaruhi oleh penyanyi dan grup musik bergenre rock (seperti Guns N' Roses, Bon Jovi, dan Megadeth), sehingga album-albumnya selama di Indonesia tidak lepas dari jalur musik rock. Namun, sejak beralih menjadi penyanyi internasional, jenis musik Anggun lebih variatif.

Secara penampilan di awal kariernya sebagai penyanyi rock, Anggun Artis Indonesia ini terkenal dengan penampilannya yang tomboi dan khas (menggunakan baret miring, celana pendek, jaket paku-paku dan ikat pinggang besar) yang sempat menjadi tren di awal 1990-an. Namun, sejak menjadi penyanyi internasional, Anggun Artis Indonesia ini mengubah total gaya berbusananya menjadi lebih feminin dan seksi, melalui penampilan khas wanita Indonesia dengan rambut hitam panjang dan kulit sawo matang.

Tahun 1994, Anggun Artis Indonesia ini meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser besar Perancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya berjudul Snow on the Sahara. Album ini dirilis pada tahun 1997 di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Sejak saat itu Anggun Artis Indonesia ini telah menghasilkan sebanyak lima album internasional yang direkam dalam multi-bahasa (terutama Inggris dan Perancis).

Meskipun telah sukses sebagai seorang penyanyi, Anggun Artis Indonesia ini tidak pernah melebarkan sayap kariernya ke bidang lain di luar musik. Anggun mengatakan, "Aku lahir sebagai penyanyi. Aku tidak akan mencoba profesi lain karena menurutku masih banyak orang yang memang dilahirkan untuk menjadi bintang film atau model. Aku merasa panggilan jiwaku adalah musik." Selain itu, Anggun juga cenderung selektif dalam memilih produk iklan yang dibintanginya.

Anggun Artis Indonesia ini merupakan salah satu penyanyi pertama dari Asia yang benar-benar mampu menerobos industri musik internasional di luar Asia. Tidak seperti para penyanyi kulit hitam, orang-orang Asia masih sulit mendapat tempat di blantika musik Eropa dan Amerika. Kesuksesan Anggun secara langsung atau tidak telah membuka jalan bagi penyanyi-penyanyi lain dari Asia. Dan dicap telah menguasai kancah internasional dan disandingkan dengan sederet artis papan atas internasional, Anggun tak lantas melupakan Indonesia meski harus melepas status kewarganegaraannya. Namun, Ia tetap membuat karya yang mengenang dan mempromosikan Indonesia.

Merenungi dan menyelami paparan di atas, ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari perjalanan seorang Anggun C Sasmi sebagai Artis Indonesia ini. Sebagai seorang wanita, ternyata ia memiliki kegigihan dan semangat untuk meraih mimpi-mimpinya. Satu pelajaran yang tidak boleh dilupakan kita dari sosok Anggun, adalah bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. “Semuanya berawal dari mimpi. Jangan hanya bermimpi lalu tidur lagi. Bangunlah mimpimu dan bangunlah untuk meraih impian itu,” tutur Anggun C Sasmi.

 

Agnes Monica Muljoto


Agnes Monica
Agnes Monica Artis Terpopuler ini dilahirkan di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1986. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto. Ia memiliki seorang kakak laki-laki bernama Steve Muljoto yang kemudian menjadi manajernya. Agnes menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SLTP Pelita Harapan. Di sekolahnya, Agnes merupakan siswi yang berprestasi di bidang akademik dan sering menerima beasiswa, meskipun ia juga disibukan dengan aktivitas luar sekolah seperti kursus piano, bahasa Inggris, seluncur es, dan bulu tangkis. Bakat Agnes di bidang seni sudah telihat sejak ia masih kanak-kanak, khususnya bidang tarik suara. Selain ditempa di gereja, Agnes juga ikut kursus vokal di beberapa tempat.

Agnes Monica Artis Terpopuler ini lebih dikenal Agnez Mo, ialah artis berkebangsaan Indonesia yang memulai kariernya pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik. Agnez telah merilis tiga album anak-anak yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer di era 1990-an. Selain bernyanyi, ia juga menjadi presenter di beberapa acara anak-anak. Saat menginjak usia remaja, Agnes Monica Artis Terpopuler ini mulai terjun ke dunia seni peran. Penampilannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil melambungkan namanya. Agnes Monica Artis Terpopuler ini kemudian membintangi sederet sinetron yang menjadikannya Artis Indonesia remaja dengan bayaran termahal saat itu.

Pada tahun 2003, Agnes Monica Artis Terpopuler ini merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes, yang kembali melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Kesuksesannya di tanah air mendorong Agnes Monica Artis Terpopuler ini memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional. Pada album keduanya yang dirilis pada tahun 2005, Whaddup A'..?!, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi. Agnes Monica Artis Terpopuler ini juga terlibat dalam syuting dua serial drama Asia, The Hospital dan Romance In the White House di Taiwan.

Agnes Monica Artis Terpopuler ini berhasil meraih penghargaan dua tahun berturut-turut atas penampilannya di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan (2008 dan 2009). Pada album ketiganya, Sacredly Agnezious (2009), ia mulai terlibat sebagai produser dan penulis lagu. Pada tahun 2010, ia diangkat sebagai salah satu juri pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Ia juga menjadi salah satu pemandu acara pada karpet merah pegelaran American Music Awards 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Agnes Monica Artis Terpopuler ini merupakan artis yang selalu membawa tren baru di kalangan anak muda, khususnya dalam hal penampilan, baik itu pakaian, aksesori, maupun tata rambut. Melalui penampilannya di atas panggung, video musik, dan sinetron, Agnes Monica Artis Terpopuler ini telah memopulerkan berbagai gaya berpenampilan, mulai dari punk rock hingga harajuku. Namun demikian, Agnes Monica Artis Terpopuler ini juga tak jarang dituduh tidak orisinal dan cenderung kebarat-baratan. Agnes Monica Artis Terpopuler ini menanggapi komentar mengenai dirinya tersebut dengan berkata:

“Tidak ada satu pun di dunia ini yang ‘original’ tanpa pengaruh dari hal lainnya. Saya beruntung lahir dan dibesarkan di Indonesia (specifically Jakarta) pada zaman ini di mana kita (dalam hal ini Indonesia) sangat terbuka dengan proses globalisasi. Budaya Timur dan budaya Barat saling memengaruhi, ya begitu keadaannya. Intinya, adanya pengaruh antarbudaya jangan dianggap sebagai ‘budaya yang berbenturan’, tapi anggaplah sebagai budaya yang ‘saling melengkapi’. Ambil yang baik dari budaya-budaya tersebut dan tinggalkan yang negatif. Jadi, ya, saya ini adalah produk Indonesia dan produk era globalisasi.”

Ketertarikan Agnes Monica Artis Terpopuler ini dalam dunia busana mendorongnya untuk menekuni bisnis clothing line yang mendapat sambutan bagus. Menurut survei yang dilakukan majalah Cosmopolitan (2010), Agnes Monica Artis Terpopuler ini merupakan penyanyi wanita terseksi di Indonesia. Ia juga sempat meraih Kartini Award dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dan World Health Organization (WHO). 

Menurut Ketua Umum WITT Nita Yudi, "Karena Agnes adalah artis muda berprestasi yang enerjik, dan pastinya tidak merokok. Semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi generasi muda." Agnes Monica Artis Terpopuler ini juga merupakan selebriti yang tertutup mengenai kehidupan pribadinya di media. Ia sering diterpa gosip menjalin hubungan khusus dengan sejumlah nama, namun tak satu pun yang ia konfirmasi.

Agnes Monica Artis Terpopuler ini merupakan penyanyi dengan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Sebagai salah satu figur paling dominan dalam industri hiburan Indonesia, Agnes Monica Artis Terpopuler ini telah mendapat kepercayaan untuk menjadi bintangi iklan ataupun duta oleh berbagai merek produk.

Agnes Monica Artis Terpopuler ini juga telah terlibat dalam sejumlah kegiatan sosial. Ia melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana, seperti di Sumatera Barat dan Situ Gintung. Agnes Monica Artis Terpopuler ini juga membantu menggalang dana senilai lebih dari Rp 400 juta untuk Persis, tim sepak bola Surakarta, melalui konser yang diadakan di Diamond Convention Center di Surakarta. Awal bulan Desember 2011, Agnes Monica Artis Terpopuler ini mengadakan konser amal "Save A Teen Charity Concert", konser yang diadakan untuk membantu remaja-remaja yang putus sekolah. Hasil tiket yang ludes terjual diserahkan ke Sampoerna Foundation sebagai pemrakarsa acara untuk disumbangkan pada remaja-remaja yang yang membutuhkan. [Arda Dinata/Adv].***
 



PELUANG BISNIS TERBARU DI ERA NETIZEN
Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
www.AzariaStore.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002