Cari Artikel di Blog Ini:

Senin, 16 Mei 2016

#ASKQUANTA

#ASKQUANTA


Assalamualaikum, selamat pagi sahabat Quanta.

Sudah tahu apa itu Quanta?

Quanta adalah lini buku Islam dari penerbit Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. Quanta memulai kiprahnya di dunia penerbitan sejak tahun 2008. Buku Quanta juga sudah banyak yang yang menjadi National Best Seller. Selain itu, beberapa buku Quanta juga ada yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan oleh penerbit di Malaysia. Saat ini, Quanta menerbitkan buku Islami dengan berbagai tema, seperti motivasi remaja, ibadah, fikih, dan juga buku anak Islami. Untuk mengenal lebih jauh tentang Quanta kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan ke kami dalam #askquanta ini. Melalui kesempatan ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi. Yuk, mengenal Quanta lebih dalam dan menerbitkan buku di Quanta.


1. Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Quanta? Bisakah via e-mail?

Naskah bisa dikirim melalui e-mail ke redaksi Quanta. Di sini ada empat editor yang bisa menerima naskah kalian. Bisa ke linda@elexmedia.co.id atau luky@elexmedia.co.id atau marlin@elexmedia.co.id atau wiwit@elexmedia.co.id
Pastikan kalian menulis subject: Naskah (spasi) Judul Naskah. Lalu kirimkan ke salah satu e-mail di atas. Ingat! Hanya satu. Kenapa? Karena kami menghindari adanya kiriman naskah yang sama tapi diterima oleh dua atau lebih editor. Yang ada, kami saling tunggu-menunggu kalau si A bakal balas dan seterusnya. Jadi lebih baik hanya ke satu nama, sehingga nama tersebut yang bertanggung jawab.
Naskah yang sudah kami terima, akan kami balas sebagai tanda bahwa naskah tersebut sudah sampai di meja redaksi dan akan kami review.

2. Pengiriman dan persyaratan naskah ketika dikirim apa saja?


Untuk pengiriman, sudah dijelaskan sebelumnya ya. Ingat akan subject e-mail serta kirim ke satu nama saja. Syaratnya gampang, kok! Kalian minat menulis, hehehe.
Begini untuk batas halaman, kami tidak membatasi jumlah halaman. Tapi minimal 100 halaman full teks ya. Untuk font, apa saja yang penting bisa terbaca, ukurannya 12, spasi 1.5, margin ikut aturan umum saja.
Jangan lupa juga dilengkapi dengan daftar isi, sinopsis, testimoni (jika ada), kata pengantar, dan daftar pustaka (jika ada).



3. Kalau endorsement/testimoninya dikirim awal atau akhir?


Kami menyarankan untuk endorsement atau testimoni sudah ada sebelum naskah dikirim. Kenapa? Karena kami akan me-review naskah kamu terlebih dahulu, kalau sudah ada testiomoninya, bukankah akan lebih menarik?
Lagipula kalau dikirimnya terakhir, akan menyebabkan proses produksi menjadi lebih lama dan kemudian mengakibatkan telatnya jadwal terbit.

4. Proses seleksi naskahnya bagaimana sih?


Naskah yang sudah masuk di kami akan direview dengan melihat apakah naskah tersebut layak atau tidak untuk terbitkan. Biasanya yang kami terima adalah naskah yang original, tidak hanya copy-paste. Kemudian materi yang disampaikan juga menarik.
Tapi, jika nanti ketika mengedit naskah ini kami menemukan hal-hal yang tidak layak diterbitkan (seperti membenturkan antar mazhab/golongan, agama, mendiskreditkan orang lain, atau mencaci maki), kami akan meminta penulis merevisinya. Atau setelah membaca secara lebih detil kami menganggap naskah ini belum layak untuk diterbitkan, kami akan memberitahu penulis bahwa kami batal menerbitkan naskahnya. Biasanya naskah yang kami edit, terdapat banyak hal yang di-copy-paste atau terdapat hal-hal yang terlalu menyudutkan suatu golongan. Dengan berat hati, kami akan mengembalikan ke pemiliknya.

5. Kalau ditolak gimana? Ada konfirmasi atau tidak?


Tentu ada. Diterima atau ditolak, kami akan mengonfirmasikan ke calon penulis, melalui e-mail atau data diri si penulis.

6. Kalau naskahnya diterima boleh diedit lagi?


Boleh dan bisa saja, selama tidak mengganggu jadwal kerja editor. Biasanya waktu pengeditan kita berikan selama 2 minggu dari diterimanya naskah.

7. Sudah kirim naskah, kok belum dijawab ya?


Ini pertanyaan paling sering ditanyakan ke kami. Naskah yang masuk ke redaksi bisa mencapai 10-15 ke masing-masing e-mail. Jadi, pasti kami kewalahan. Tapi kami akan membalasnya dan memberitahukan kalau naskahnya sudah diterima dan akan di-review dulu. Kalau belum dibalas, kalian boleh bertanya, kok. Tapi pastikan dikirim ke salah satu nama saja. Lalu cek e-mail kalian, apakah kalian sudah menyapa kami? Atau hanya kirim attachment??
Kalau hanya kirim attchment, biasanya kami abaikan. Jadi dicek kembali ya.

8. Berapa lama sih proses reviewnya?


Biasanya kami butuh waktu 1-2 bulan bergantung naskah yang harus kami review bulan itu. Di tim Quanta sendiri, selalu mengadakan rapat bulanan terkait naskah yang masuk. Ini dimaksudkan agar semua tim tahu naskah apa yang sedang dikerjakan.

9. Untuk layout gimana? Dari redaksi Quanta atau kita juga bisa bikin?


Kami kembalikan ke penulis. Kalau penulis mumpuni untuk melayout sendiri, silakan. Contohnya seperti buku-buku karya A.K dan Ayu @momalula yang melayout sendiri bukunya. Namun, bila tidak bisa, tidak jadi masalah. Ada tim kami yang bisa membuat naskahmu menjadi cantik.

10. Berlaku untuk ilustrasi?


Tentu saja. Kami membebaskan penulis untuk berkreasi. Malah ini memudahkan penulis juga, karena yang lebih mengetahui naskahnya adalah si penulis. Proses layout dan ilustrasi juga menyingkat proses produksi sampai buku terbit.

11. Memangnya berapa lama sih waktu yang dibutuhkan?


Begini, kita buat contoh ya.
Misal: Naskah kalian dikonfirmasi akan diterbitkan pada tanggal 1 Juni 2016. Dan belum ada waktu editing, karena kami mengedit sesuai antrean.
Tapi ternyata, naskah kalian akan diedit pada tanggal 10 Juni 2016. Nah, biasanya editor mengedit membutuhkan waktu 2-3 minggu setelah itu diturunkan ke produksi.
Tugas tim produksi adalah melayout naskah kalian menjadi lebih kece tampilannya. Setelah itu dikembalikan ke editor. Ketika sampai di editor, kami harus membaca ulang untuk memperbaiki typo serta pemenggalan. Itu bisa berlangsung tiga kali. Setelah itu akan di-ACC dan rencana terbitnya bulan depan.
Hal ini berlangsung maksimal selama 3 bulan. Itu kalau tidak ada perubahan dari penulis, tidak ada tambahan dari penulis, atau revisi dari editor.

12. Kalau covernya?


Bila penulis ada yang mau pakai cover sendiri, boleh saja. Sebaiknya disampaikan ke editor sejak diberi kabar kalau naskah sedang dalam proses edit. Jika tidak, tim produksi bagian cover yang akan membuatnya. Proses pembuatan cover biasanya setelah proof kedua dari editor atau setelah naskah di ACC. Untuk lama prosesnya biasanya satu minggu.

13. Kalau MoU atau surat kontraknya, gimana? Kapan dikirim?


Untuk hal ini, kami mengirimkannya setelah buku terbit. Biasanya penulis akan dikirimkan buku contoh cetaknya beserta kontrak.

14. Kita bagi hasil, royalti, atau beli putus?


Untuk buku Quanta kami menerapkan sistem royalti. Lalu kami juga memberikan DP royalti ke penulis setelah bukunya terbit.

15. Oiya apakah semua naskah berbau Islami diterima oleh redaksi Quanta?


Jawabannya iya. Kami menerima naskah motivasi, bisnis, keluarga, remaja, dan tema yang cukup berat seperti fikih, Al-Qur'an, ibadah, dan sebagainya. Karena sebelumnya ada proses review, nanti naskah itu akan dikerjakan oleh editor yang bertanggung jawab.

16. Kalau novel?


Quanta tidak menerima novel, untuk novel silakan ke editor redaksi novel dita@elexmedia.co.id

17. Kalau kumpulan artikel dan cerita pendek, gimana?


Saat ini belum bisa kami terima.

18. Apa bedanya Quanta dan Qibla?


Ini pertanyaan menarik. Begini, kami adalah keluarga Kompas Gramedia yang memiliki 7 penerbit. Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo (EMK), Bhuana Ilmu Populer (BIP), Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), M&C, dan Penerbit Buku Kompas. Masing-masing penerbit punya imprint (lini) tersendiri, misal di buku agama, buku popular, novel, komik, dan sebagainya.
Nah, Quanta adalah imprint buku Islami dari penerbit Elex Media Komputindo. Sedangkan Qibla adalah imprint buku Islami dari penerbit BIP.

19. Apakah penulis mendapatkan harga khusus ketika membeli bukunya sendiri?


Tentu saja :D

Semoga bermanfaat, aamiin...

Sumber: http://elexmedia.id/quanta_lounge/askquanta


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran