Cari Artikel di Blog Ini:

Kamis, 29 Juni 2017

Distribusi Keluarga Sehat dan Tidak Sehat di Indonesia (Catatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2017)

Berikut ini ada catatan dari sahabat saya terkait peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini. Selamat membaca! (www.ArdaDinata.com).

##

MEMPERINGATI HARGANAS 29 JUNI 2017.

Setiap tanggal 29 Juni diperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas). Disini terlihat betapa pentingnya peran Keluarga dalam segala aspek, termasuk dalam aspek Kesehatan.

Dalam Dunia Kesehatan, Keluarga mempunyai peran sentral yang sangat menentukan dalam pembangunan Kesehatan Masyarakat.

Kenapa Keluarga ??

Yaahh.... karena Keluarga merupakan PRODUSEN Kesehatan. jika dianalogikan dalam sebuah Perusahaan, Keluarga merupakan UNIT PRODUKSI. Unit inilah yang sangat menentukan Produksinya berkualitas atau tidak. Bahasa kerennya ORI atau KW ....

Oleh karenanya, dalam Program Indonesia Sehat saat ini, Upaya dan cara yang dilakukan adalah dengan menjalankan Pendekatan Keluarga. sebuah Cara yang dilakukan oleh para Tenaga Kesehatan Puskesmas dengan mengutamakan integrasikan program2 kesehatan yang sasaran utamanya adalah KELUARGA.

Sehat dan Tidaknya sebuah Keluarga, akan menentukan Sehat dan tidaknya wilayah itu dan ujungnya sehat dan tidaknya sebuah Kabupaten, Propinsi serta Nasional.

Lantas Kondisinya Saat ini ???

Hasil analisis data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2007 dan tahun 2013 menunjukkan adanya peningkatan Rumah Tangga yang SEHAT secara Nasional. Ukuran Rumah Tangga Sehat dalam hal ini diukur dengan menghitung ada atau tidaknya anggota Rumah Tangga yang terkena Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular atau bahkan "Penyakit" Gangguan Kesehatan Jiwa, serta Gangguan Sosial. sesuai definisi dari WHO yang menyatakan bahwa Sehat itu diukur dari fisik, psikis dan sosial.

Tahun 2007 Hasil analisis Riskesdas menunjukkan sejumlah 11,2% Rumah Tangga di Indonesia yang terbilang SEHAT.

Tahun 2013 Hasil Riskesdas menunjukkan peningkatan menjadi 30,0% Rumah Tangga di Indonesia SEHAT.

Riskesdas berikutnya bagaimana ?? Kita Tunggu tahun 2018 pelaksanaannya .....

Demikian sedikit gambaran secara Global hasil analisis Riskesdas tahun 2007 dan 2013. secara Rinci Per Penyakit atau Gangguan akan di share bertahap.

Selamat Hari Keluarga Nasional. Keluarga Sehat, Negara Kuat.

Salam,

Debe
'Belajar Tanpa Batas'


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran