Cari Artikel di Blog Ini:

Senin, 04 September 2017

Teacher Trainer

Materi Diklat GGDN:
Bismillahirrahmanirrahim
Seminar Online Grup Guru Dahsyat Nusantara Angkatan 18
Sabtu , 2 September 2017

Narasumber : Bapak Sambadar, cht, S. Pd
Tema. : Teacher Trainer

Selamat mengikuti seminar...😃

Sahabat guru dahsyat bertemu kembali kita di seminar hari ini yang selalu kita nanti... 

Hari ini kembali kita akan bertukar pikiran dalam menjalani kehidupan yang luar biasa banyak rintangan, yang akan di bimbing oleh master QLM bapak Sambadar, cht, S.Pd MM...😃

Assalamualakum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat allah SWT, di siang hari ini kita bisa bersua kembali untuk bertukar pikiran berdiskusi ringan tentang kwalitas kehidupan kita. Ayo kita hangatkan diskusi kita dengan tema " Jalani hidup kita dengan Penuh Semangat"

Sahabat, mari kita renungi hikmah berikut ini " Kalau kita kehilangan Harta Kecil, kehilangan jabatan kecil, kehilangan teman berarti kehilangan banyak, dan kehilangan semangat adalah kehilangan segala - galanya.

Sahabat, Semanagat, optimisme dan yakin adalah kunci sukses kita dalam segala hal yang kita ingin gapai.

Sahabat, Kesuksesan sejati adalah kesuksesan yang kita bisa nikmati sekarang ini , bukan yang akan datang nanti.Karenanya, untuk bisa menerima kesuksesan yang kita impikan tersebut, kita justru harus memulainya dengan menjalani hidup yang sukses  sekarang juga.

Bu Mardianis, jika seseorang kehilangan semangat dalam hidupnya maka energinya tinggal 20 sampai 30 % saja. hampir 70%nya hilang.

Sahabat, jangan pedulikan bagaimana kondisi kehidupan kita sekarang ini, namun harus tetap optimis dan katakana inilah kesuksesan kita hari ini, krn sungguh menjalani kehidupan yang sukses tidak harus nanti, tp saat ini juga.

Bu Fitri, sebenarnya hanya permainan cara berfikir saja, jika kita hrs mengulang berkali kali itu tandanya kita kan lbh mahir dibanding yang lain. Katakan pada diri kita rasa syukur ketika hrs mengulang sebuah pekerjaan, jangan pernah dijadikan beban, krn jika hal tsb dijadikan beban maka yg ada kerugian yg sangat yg akan berpengaruh pda psikis kita dan ujungnya pada fisik kita. Tetap semangat bu,

Pa Nastang : semestinya kita kelola semnagat itu, jangan biarkan ia pergi begitu saja. pupuk terus semangat kita pada setiap harinya.

Pa Nastang ; contoh memupuk semangat, adl dg cara memperbauhi sesuatu yg kita miliki, apa saja yg akan membuat kita tetap semangat

Bu Retno : Kebanyakan dari kita hanya melihat sebuah hasil yg terlihat oleh mata kita, padahal apapun pekerjaannya sekalipun dimata kita masih jauh dari harapan, namun jangan lupa bhw perbuatan baik itu bernilai tinggi dimata Sang Maha Kuasa. Oleh karenanya anutlah dan pupuklah Komitmen spiritual kita.

Pa Nastang : dengan menerima dan memandang masalah yang datang dengan baik adalah salah satu cara memupuk semangat, jadikan diri kita orang yg wecome thd masalah, maka semangat akan timbul dengan sendirinya krn akan semakin kreatif cara menyelesaikannya.

Bu Elsinah : Tips agar semangat terus tumbuh subur,maka tanamkanlah dalam jiwa kita sbb : 1.Aku menyukai pekerjaanku saat ini. 2.Hubunganku dengan rekan sekerja harmonis.3.Hubunganku dengan atasanku harmonis dan dilandasi saling menghargai. 4.Semua tugasku terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. 5.Semua tugasku terselesaikan dengan mudah.

Jadikan 5 hal tsb kata-kata yg memotivasi kita agar tetap semangat.

BU Wiwik : badai pasti berlalu, tdk ada masalah yg tdk bisa terselesaikan. Dengan masalahlah mestinya kita semangat krn kita tertantang utk menyelesaikannya. ada istilah thank you problems. kita mesti berterima kasih dengan maslah.

Bu Wiwik cara memiliki semangat disampaing 5 hal tsb diatas, kita hrs selalu memandang positif masalah apapun yg menghampiri kita. kita hrs membiasakan diri  me - welcome masalah.

Bu Intan : kenalilah unngkapan "Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu". Kritik, apapun kritiknya, membangun atau tdk akan  bisa menjadikan diri kita luar biasa. dengan kritik itulah kita kan mawas diri, dengan krtik itulah kita akan lebih hati - hati, dengan kritik itulah kita akan menjadi tangguh.

Bu Yayah : Ingatlah hikmah berikutt : Sodaraku, ingatlah yg cepat itu waktu, yg dekat itu ajal, yg berat itu amanah, yang sulit itu ikhlas dan yang terindah itu saling memaafkan. Nilai maaf memaafkan sangat tinggi sekali, shg Allah akan menggurkan dosa orang yg bertikai jika saling meminta maaf. Segeralah mminta maaf atau memaafkan atas kesalahan masa lalu nya bu, niscaya niat ibu akan diiringi oleh Malaikat Rahmat yg memohonkan ampun padaNya.

Ibu Mardianis : Semestinya tidaka seperti itu : Renungilah hikmah berikut ini : Perbuatan jahat dibalas dengan jahat itu Dendam, Perbuatan baik dibalas perbuatan jahat itu Dhalim, Perbuatan baik dibalas baik itu biasa, namun perbuatan jahat dibalas baik itu MULIA, bukankah idu ingin jadi orang mulia?. maka yg terbaik cari dia dan jadikan sahabat baik kita.

Sahabatku ada Self hypnosis yang mestinya kita ulang – ulang sampai bawah sadar kita merekamnya. Ungkapannya seperti ini :  : Hari-hariku di kantor/ di Sekolah terasa menyenangkan. Aku menikmati pekerjaanku. Aku bermanfaat bukan hanya bagiku namun bagi  orang banyak juga.

Ibu Evi, orang barat mengatakan we are what we think / semestinya tdk ada hal yang susah sbb semua tergantung pada niat dan keihlasan kita. kita bisa walau step by step.

Ibu Marhani : Jika masalah dipandang dari sisi positif maka yg terjadi adl kematangan jiwa atau emotional kita, namun jika sudut pandangnya negatif, maka emosi negatif akkan lbh dominan thd masalah tsb. Tinggal bgmn kita mensikapinya.

Bu sufi : ada istilah Understanding before understood/memahami dulu sblm difahami. Kepada siapapun, jadikan ia guru kita.Tidak masalah klo dia hanya menuntuk utk difahami saja, sbb pada saatnya pasti  akan memahami kita, olh krnanya alangkah baiknya jika kita memahami dulu sblm difahami. Betul bhw kebanyakan dari kita ingin difahami padahal dia sendiri blm memahaminya.

Bu Ani Waopo :Ra popo/ga apa -apa, banyak trekan saya jg merasa didholimi olh kepseknya tp, pandangan saya justru berbalik, orang yg berperilaku spt itu, pasti akan mendapat kesulitan, dan sebenarnya ada rasa menghormati para gurunya, hanya terkadang terbawa olh prestij saja shg seolah berprilaku total spt itu. Jika kita mampu menunjukan hal luar biasa, ia pasti akan mengakuinya.

Sahabatku, Kesuksesan ditentukan oleh apa yang kita rasakan saat ini olh kondisi batin kita.Jadi, untuk merasakan sukses, kita bisa mulai dengan berpikir seperti layaknya cara berpikir orang-orang sukses, sekarang juga. Berpikirlah bahwa kita sudah sukses.Lalu bersyukurlah seolah kita benar-benar adalah orang yang sukses sekarang ini. Itulah cara berfikir orang yang mengedepankan semangat....

Sahabatku, Menjalani hidup sukses itu mudah sekali, bukan?.Sekarang tinggal kita jalani hidup kita seperti biasa, seperti lazimnya hari-hari kita lainnya,  yg membedakan, kita sekarang tidak berjalan tanpa arah lagi. Kita tidak sekedar melangkahkan kaki tanpa tahu pasti tujuan kita.

Sahabat, CARA MENJALANI HIDUP DENGAN PENUH SEMANGAT dengan kata SEMANGAT, mau tidak?

SEEK PRIORITY. Dalam segala aktifitas kita, semestinya kita mencari yang prioritas yang harus kita kerjakan lebih dahulu, kemudian mengerjakan secara berurutan yang sudah kita rencanakan sebelumnya.Inilah yang disebut "menjalani hidup sukses" . Hidup dengan sebuah tujuan pasti, bukan hidup penuh dengan penyesalan atau keluhan akan yang telah terjadi.

Enlarge our mind. Memperluas/memperbesar pikiran kita. Kita adalah jiwa pembelajar. Kita mestinya paham bahwa kita masih banyak sekali kekurangan. Dengan memperlebar dan memperbesar serta terbuka dengan apapun dan siapapun maka kita akan mendapat banyak sekali pengetahuan – pengetahuan baru yang akan berdampak pada kemudahan kita dalam meraih tujuan yang hendak kita gapai. Sendirinya semangat tercipta.

MANAGING EVERYTHING WELL. Memilki kemampuan mengatur segala sesuatunya dengan baik. Sekecil apapun kegiatannya akan di manage dengan baik, guna memudahkan jalannya aktifitas yang kita jalani.

A wise to every problem. Memilki kemampuan untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi tanpa konfrontasi. Masalah dijadikan sebuah sumber pembelajaran utuk perbaikan kedepannya.Sebab paham bahwa dengan masalahlah kita akan lebih menjadi orang bijak, tahan banting dan banyak bersyukur.

A WISE TO EVERY PROBLEM

NEVER GIVE UP. Tidak pernah mengenal kata berhenti atau angkat tangan. Karena sungguh orang – orang yang semangat akan terus terpacu dalam melakukan kegiatan sehari – harinya.Ia sadar betul bahwa apapun yang dilakukan akan bernilai dan bermanfaat.

GUIDE OTHERS TOBE THE BEST. Memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk melakukan hal – hal baik dalam kesehariannya.Menjadikan dirinya contoh kebaikan bagi yang lain. Ikhlas menolong orang yang membutuhkannya. Berbuat tanpa pamrih apapun yang di perbuatnya, karena sadar bahwa apa yang diperbuat semata karena ingin mendapat ridha dari Nya saja.

Bu Nur janah : Niatkan yg kuat utk menjadi ikhlas, pasti bisa krn kita luar biasa.

Sahabat, mohon maaf kata SEMANGATnya blm selesai namun waktu udh dipenghujung. Sebagai kesimpulan pada pertemuan ini,  Sadar bahwa menjadi orang semangat akan mudah melakukan pekerjaan sesulit apapun medan yang harus dilewati. Ia akan mencari cara – cara yang bijak dalam menyelesaikan pekerjaan yang sulit. Ia tidak akan pernah mengedepankan keluh kesahnya, namun sebaliknya ia akan merasa tertantang dengan pekerjaan yang dianggap sebagian orang itu sulit. Denikian diskusi kita, kurang lebihnya mohon maaf. Billahi taufik walhidayah Wassalamualaikum wrwb. Sampai jumpa.

Jazakallahukhairankatsira pak Sambadar... 
Semoga ilmu dan motivasinya dibalas pahala oleh Allah Swt.. 
Dan kegiatan pak Sambadar semuanya lancar dan sukses selalu... 😃

Alhamdulillah sahabat guru dahsyat selesai sudah seminar kita hari ini semoga bermanfaat dan menginspirasi.. 

Terimakasih atas partisipasi yang luar biasa hari ini..

Terkhusus untuk pak Riswanto yang telah memfasilitasi kita di grup ini,  semoga semakin sehat dan sukses selalu... 😃😎

Sambadar, cht, S. Pd


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002