Cari Artikel di Blog Ini:

Jumat, 24 November 2017

Bagaimana Agar Disiplin Menulis?

Menulis itu kerja fisik dengan cara menulis bukan memikirkannya. Jadi, janganlah menulis sambil berpikir nanti banyak jedanya. Menulislah terus menuangkan isi pikiran dan hati tentang tema yang sedang kita tulis.

Lewat menulis terus menerus setiap saat yang disempatkan bila ada ide yang muncul, maka kita akan selalu menghasilkan tulisan-tulisan bukan tulisan yang dipikirkan. Jadi, agar kita disiplin menulis kuncinya adalah dengan membiasakannya menulis setiap saat. Menulislah di mana saja sesuai jaman NOW.  Berikut ini ada beberapa tips dari sahabat saya Bapak Agus Andi Subroto yang dapat menginspirasi Anda untuk selalu menulis. Nikmati manfaatnya yuk!

Salam
Arda Dinata 
IG : @arda.dinata

##

.*TIPS DISIPLIN MENULIS DARI AGUS ANDI SUBROTO*

"Jika kita berusaha menggapai impian, maka kemungkinanya hanya ada dua, yakni berhasil atau gagal. Namun seandainya tidak pernah mencobanya, satu-satunya yang akan terjadi adalah kegagalan."

Saya berharapan besar Anda setuju tentunya dengan quote di atas.

Ok guys, selamat pagi semuanya dimanapun saja Anda berada sekarang. Bagaimana kabar Anda semuanya? Semoga panjang sehat, panjang rejeki, dan panjang keberkahan disisa umurnya...amin.

Baiklah kita kembali ke LAPTOP ya! Pagi ini saya ingin bercerita sejenak seputar tips agar kita bisa disiplin menulis. Cie eileh guaya nih, mas Andi, mau berbagi tips segala. Memangnya tips menulis yang mau dibagikan kepada pembaca telah dipraktikkan, mas Andi? Oh, tentu saja. Makanya setelah saya mendapatkan manfaatnya, saya juga ingin berbagi kepada Anda semuanya.

Di dunia ini memang ada sebagian manusia yang diberikan bakat kecerdasan linguistik yang mumpuni. Sehingga saat orang tersebut berkarya membuat tulisan, tulisanya selalu saja mendapat respon yang luar biasa banyak dari khalayak pembaca. Sehingga ia dengan cepatnya berada di puncak segitiga sebagai penulis HEBAT.

Tapi tenang saja, orang semacam itu tidak banyak di dunia ini, bisa dihitung dengan jari. Yang ada setiap penulis hebat selalu dimulai dengan latihan menulis yang lama tidak sebentar. Bahkan latihan menulis ia lakukan sepanjang hidupnya dengan produktif berkarya menghasilkan tulisan dan buku.

Karena menulis sendiri adalah sebuah ketrampilan. Penguasaanya tentu dengan banyak latihan untuk bisa menjadi ahli. Catat ya, LATIHAN!

Terus bagaimana cara menulisnya untuk pemula, seperti saya juga. Setelah saya renungkan perjalanan kepenulisan yang telah saya lalui. Bagi setiap pemula tidak usah terlalu memusingkan soal materi yang mau ditulis, apa saja bisa Anda tulis. Sepakat ya!

Ok saya sekarang, ingin langsung mau membahas soal tips disiplin menulisnya. Yang ini adalah hal penting yang harus kita jalankan untuk bisa menjadi penulis yang baik.

#Pertama : Mulai dari FB & WA

Karena ini pengalaman langsung saya. Anda buat tulisan melalui aplikasi WA dihape, selesai tulisanya langsung saja publish ke FB juga komunitas WAG yang Anda miliki. Memang untuk selanjutnya setelah itu Anda bisa juga menggunakan blog, namun bagi pemula via fb telah cukup. Kita beruntung terlahir di dunia internet yang serba canggih. Agar tulisan kita bisa dibaca orang lain kita tidak perlu langsung menerbitkan buku atau membayar mahal dimedia cetak, kita bisa mulai dari fb, tulis satu dua paragraf publis, kan nanti banyak like komentar, Anda pun seneng dapat evaluasi dari sahabat tentang kualitas tulisan Anda.

#Kedua: Manfaatkan waktu luang

Ada banyak penulis pemula termasuk juga saya, mengeluhkan mereka tidak punya waktu luang. Mereka harus bekerja dan melakukan banyak hal dalam sehari, dan tentu saja tidak ada waktu untuk menulis. Menulis hanya butuh menyiapkan waktu barang 20 - 30 menit saja, tak lebih dari itu. Tentunya waktu itu pasti Anda punyai. Anda harus menciptakan waktu luangnya.

#Ketiga: Membuat target yang realistis

Menetapkan target Yang realistis akan mendorong kita untuk terus berkarya. Sebaliknya, target yang tidak realistis adalah pembunuh nomor satu.
Jadi dalam kasus saya, saya mentargetkan satu hari satu tulisan selama satu tahun, sebelum nantinya saya akan serius membuat sebuah buku. Jadi minimal saya harus mau latihan tiap hari menulis, selama satu tahun penuh, jadi totalnya nanti sebanyak 365 tulisan yang harus saya buat, dan target itu sudah saya canangkan sejak awal ketika membuat tulisan yang pertama dahulu, lalu saya publish via fb.

Saya tahu Anda ingin menulis sebuah novel misalnya. Tapi alangkah baiknya jika Anda mulai produktif menghasilkan cerpen atau cerbung dulu. Atau jika Anda  ingin menulis artikel, esai, dengan insight yang mendalam, maka mulai dengan menulis artikel sederhana dahulu. Dengan demikian Anda mulai terbiasa dengan keberhasilan kecil, dan itu penting bagi Anda! Sebelum Anda nantinya siap menjadi penulis hebat dengan menghasilkan karya besar untuk pembaca Anda.
Bagaimana dengan Anda? Mau melakukan hal yang sama! Pilihan ditangan anda.

#Keempat: Temukan partner menulis

Dua kepala lebih baik daripada satu kepala. Memiliki teman seperjangan memungkinkan kita berdiskusi jika menemui hambatan dalam menulis.

#Kelima: Kulakan ilmu dengan membaca

Pengetahuan adalah kekuatan dalam menulis. Semakin luas wawasan Anda, semakin banyak ide yang Anda tangkap dan mendorong Anda menciptakan karya-karya Anda selanjutnya. Dalam kulakan ilmu Anda bisa membaca beragam jenis bacaan untuk memperkuat dan memperkaya perspektif, kosakata  Anda.

Begitula kiranya yang bisa saya bagikan soal tips disiplin menulis.

Percayalah bahwa kerja keras Anda tidak akan sia-sia.

Selalu ada pelajaran dalam kehidupan yang Anda lakukan sebagai penulis. Setidaknya Anda akan tahu bagaimana menghargai karya Anda sendiri maupun karya orang lain.

Bagaimana masih yakin memiliki mimpi menjadi penulis? Dan mau membayar harganya? Yuk kita bergandengan berjalan bersama menuju pelabuhan yang sama. Sebagai seorang pemahat huruf yang produktif berkarya, berbagi ilmu kepada orang banyak disisa umur yang masih ada...Amin YraπŸ‘πŸ™πŸ»πŸ‘†πŸ»πŸ‘πŸ˜‡

AAS 287
Kampus UNAIR
Surabaya
23 November 2017


Arda Dinata:

PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].

www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata

C00447A8B dan 51D2B002

Wikipedia

Hasil penelusuran

ARSIP ARTIKEL