BUKU KESEHATAN LINGKUNGAN

SILAHKAN UNDUH APLIKASI ANDROID UNTUK BLOG WWW.ARDADINATA.COM

Belajar Menerima Kekurangan

Baca Juga

"BELAJAR MENERIMA KEKURANGAN. HIDUP MENJADI INDAH PENUH ARTI. SEHATI ITU BUKAN KARENA MEMBERI, TAPI KARENA SALING MEMAHAMI. HIDUP PUN MENJADI BETAH BUKAN KARENA KEMEWAHAN, TAPI KARENA SALING MENGALAH. INDAH ITU BUKAN KARENA KEMUDAHAN, TAPI KARENA SETIAP KESUSAHAN DIHADAPI BERSAMA." @arda.dinata 

Lewat cerita kita bisa lebih memahami dan menyadari sesuatu dalam hidup kita sehari-hari. Berikut ini ada kisah yang telah saya susun ulang untuk mudah memahaminya. Kisah ini telah banyak mengajarkan kita tentang memaknai hidup secara baik dan benar.

## 

Ada seorang anak bertengkar dengan Ibunya. Puncak dari pertengkaran itu, akhirnya si anak itu meninggalkan rumah. Si anak ini berjalan tanpa tujuan. Dalam setengah perjalannnya ia baru tersadar bahwa dirinya sama sekali tidak membawa bekal uang. Sekarang kondisi perutnya mulai merasakan lapar. Ia lapar sekali. Melihat tukang bakmi, ia ingin makan semangkok bakmi.

Lalu, tanpa sengaja pemilik bakmi itu melihat seorang anak yang berdiri cukup lama di depan warungnya.

"Nak, apakah engkau ingin memesan bakmi?" Kata pemilik warung bakmi itu.

“Ya, tapi aku tidak punya uang," jawab anak itu dengan malu-malu.

"Tidak apa-apa, aku akan memberimu gratis. Sini duduk nak!" Ajak tukang bakmi penuh perhatian.

Akhirnya, anak itu segera masuk warung, duduk di kursi yang paling pojok dan lahap memakan bakmi yang telah dibuat itu. Sejurus kemudian anak itu, air matanya mulai berlinang bercucuran.

“Ada apa nak?" tanya pemilik warung bakmi itu.

“Tidak apa-apa, aku hanya terharu karena ada seorang yang baru kukenal telah memberi aku semangkuk bakmi. Sedangkan ibuku telah mengusirku dari rumah. Padahal bapak, seorang yang baru kukenal, tapi begitu peduli padaku," ungkap si anak.

Pemilik warung itu berkata, "Nak, mengapa kau berpikiran begitu? Renungkanlah nak. Hal ini, aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu. Sedangkan ibumu telah memasak nasi, lauk pauk, dan lainnya setiap hari sampai kamu dewasa. Harusnya kamu berterima kasih kepada ibumu."

Anak itu kaget mendengar ungkapan pemilik warung bakmi tersebut. "Mengapa untuk semangkuk bakmi dari orang yang baru ku kenal begitu berterima kasih. Tapi, terhadap ibuku yang memasakkan untukku selama bertahun-tahun, aku tak pernah berterima kasih?" Ungkap batin si anak.

Lalu, anak itu segera bergegas pulang. Begitu sampai di ambang pintu rumah, ia melihat ibunya dengan wajah cemas. Ketika melihat anaknya, kalimat pertama-tama yang keluar dari mulutnya, "Nak.., kau sudah pulang. Cepat masuk, ibu telah menyiapkan makan malam."

Mendengar hal itu, si anak tidak dapat menahan tangisnya  dan menangis sejadi-jadinya di hadapan ibunya.

##

Saudaraku, kadang satu kesalahan itu membuat kita begitu mudah melupakan kebaikan yang telah kita nikmati tiap hari. Sekali waktu kita mungkin akan sangat berterima kasih untuk suatu pertolongan kecil yang diterima. Namun, kita sering tidak sadar dan lupa berterima kasih akan kebaikan-kebaikan dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita.

Untuk itu, berterima kasihlah pada ibu dan ayah. Semua orang-orang terdekat dengan kita. Orang-orang yang penuh kasih sayang dan peduli sama kita. Lakukanlah sekarang!

Hidup itu Indah, kalau kita pandai berterima kasih dan bersyukur. Lalu, belajar menerima apa adanya. 

Bukankah, ketika gelap, kita baru tersadarkan apa arti dari terang. Ketika kehilangan, baru tersadarkan arti dari memiliki. Ketika berpisah, baru tersadarkan arti dari kebersamaan.

Kemarin sudah TIADA, besok belumlah TIBA. Kita hanya punya 1 hari, yaitu hari ini. Jangan sesali yang telah berlalu, itu perbuatan sia-sia. Syukuri apa yang telah dimiliki, agar kebahagiaan selalu berada disisi kita.

Dalam kehidupan NYATA, kadang kita suka mempermasalahkan hal yang KECIL, yang tidak PENTING, sehingga akhirnya merusak NILAI yang BESAR.

Persahabatan yang INDAH selama puluhan tahun BERUBAH menjadi permusuhan yang HEBAT,  karena SEPATAH kata PEDAS yang tidak DISENGAJA. Keluarga yang RUKUN dan HARMONIS pun bisa HANCUR hanya karena perdebatan KECIL yang tidak PENTING. Yang REMEH  kerap dipermasalahkan, tetapi yang lebih PENTING dan berharga LUPA dan TERABAIKAN. Seribu KEBAIKAN sering tidak BERARTI, tapi SETITIK kekurangan DIINGAT seumur hidup.

Atas dasar pola pikir kesadaran seperti itulah, mari kita belajar MENERIMA kekurangan apapun yang ada dalam kehidupan kita. Bukankah tak ada yang SEMPURNA di dunia ini?

SEHATI bukan karena saling MEMBERI,
tapi karena saling MEMAHAMI. BETAH bukan karena MEWAH, tapi betah karena saling MENGALAH. Hidup INDAH bukan karena selalu MUDAH, tapi INDAH karena dihadapi bersama setiap KESUSAHAN.

Semoga bermanfaat. Salam sukses berkah selalu ya! Aamiin. 

IG : @arda.dinata



| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BBM: C00447A8B
Telegram: ardadinata

Mau mencari dan beli buku, tinggal kunjungi saja
toko buku online BELBUK.COM di bawah ini:
 
Toko Buku Online Belbuk.com

SHARE, REFERENCE & EDUCATION | Anda butuh literatur & bahan pustaka berupa: ebook, modul, laporan, jurnal, makalah, skripsi, tesis, dll. Segera hubungi kami di WA. 081284826829 | www.ArdaDinata.com
CARA UNTUK BISA SEGERA HAMIL, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI untuk masalah ini. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit bagi Anda untuk bisa berhasil dalam program hamil, karena masalah susah hamil ini adalah masalah yang kompleks dan rumit. LALU BAGAIMANA CARANYA SUPAYA BISA HAMIL SECEPATNYA? Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/RdU2nD
 CARA TERBAIK MERAWAT BAYI BARU LAHIR! Lebih 290 halaman yang akan membantu Moms dan Dads mengatasi berbagai problematika ibu dan bayi serta menjadikan pengasuhan bayi 1 tahun pertama lebih menyenangkan dan bebas stress. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/dMMxED
GUNAKAN CREAM PUTIH WAJAH yang formulanya paling lengkap, nyaman digunakan, terdaftar resmi di BPOM serta sudah terbukti ampuh dan berkhasiat. Melalui sejumlah riset yang fokus pada upaya peremajaan dan pencerahan kulit wajah dengan standar keamanan yang tinggi, akhirnya ditemukan sebuah produk pemutih wajah inovatif dengan kemampuan triple action; melindungi, mempercantik dan mencerahkan kulit wajah Anda. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/rmLLkB



POPULAR POSTS

Modul Kesehatan Lingkungan

Bagaimana Membuat Asumsi dalam Pembahasan Penelitian?

Kabar Baik Buat Para Sanitarian Indonesia

Koleksi Pustaka Seputar Rumah Sakit (Sanitasi RS dan Pengelolaan Limbah RS)

Inilah Referensi dan Pustaka Tentang Pencemaran Air Untuk Anda

Buku Kesehatan Lingkungan

Referensi Cara Pengolahan Biogas dari Septictank

Teknik Pengolahan Limbah Cair #pustaka #referensi #literatur #kesehatanlingkungan

Mengapa Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Tidak Berhasil di Indonesia?