Cari Artikel di Blog Ini:

Jumat, 05 Januari 2018

Menulis Memberdayakan Diri

MENULIS MEMBERDAYAKAN DIRI

Menulis itu soal membiasakan diri. Bisa karena biasa, sangat tepat dianalogikan untuk kemampuan menulis seseorang. Sebab, tingkat kemampuan menulis seseorang itu sangat ditentukan oleh perilaku keseharian yang dilakukannya. Semakin dia rajin berlatih menulis tiap hari, maka syaraf-syaraf "keprigelan" menulisnya akan semakin lancar.

Lebih dari itu, menulis bisa menyehatkan. Sebab, seperti diajarkan oleh James W. Pennebaker dalam bukunya "Opening Up", menulis untuk "membuang" segala hal yang mengganggu pikiran Anda. Misalnya, menulis di catatan harian dapat membuat perasaan si penulis menjadi nyaman. Lebih-lebih apa yang kita tulis itu merupakan hal-hal yang mengganggu pikiran.

Dalam bahasa Hernowo Hasim seperti dipaparkan dalam bukunya yang bertajuk "Free Writing" dengan merujuk pendapat Dr. Krashen lewat karyanya, "The Power of Reading", menulis adalah mengeluarkan, mengungkapkan, atau menyampaikan pikiran dengan bantuan kata-kata.

Jadi, menulis itu ya mengeluarkan apa yang ada di dalam pikiran kita. Bukan memikirkan apa yang akan ditulis. Makanya, Dr. Krashen menyarankan bahwa agar menulis menjadi enak, lancar, dan memberdayakan itu memerlukan membaca. Menulis tanpa membaca akan menyiksa si penulis sendiri.

Untuk itu, bagi Anda yang merasa ada kesulitan ketika menulis. Jangan-jangan Anda ketika menulis itu masih sambil berpikir tentang apa yang mau dituliskan. Akibatnya, pasti Anda ketika menulis menjadi banyak jedanya dan tidak lancar.

Sebagai solusi, sebelum menulis itu Anda harus banyak membaca terlebih dahulu tentang tema yang akan kita tuliskan. Begitu pun,  ketika saatnya sudah menulis, maka tulislah apa yang ada dalam pikiran kita. Ungkapkan semua isi pikiran Anda lewat kata-kata terkait tema yang ditulis seperti saat menjelaskan langsung pada lawan bicara kita.

Akhirnya, sebelum menulis maka aktivitas membaca kita harus diperbanyak. Sebab, menurut Dr. Krashen, membaca itu adalah memasukkan kata-kata ke dalam diri. Semakin kita banyak membaca dan memiliki keragaman serta kekayaan kata yang luar biasa, maka diri kita pun akan memiliki perbendaharaan kata yang kaya dan beragam.

Salam

Arda Dinata
www.ArdaDinata.com

| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BBM: C00447A8B
Telegram: ardadinata

Mau mencari dan beli buku, tinggal kunjungi saja
toko buku online BELBUK.COM di bawah ini:
 
Toko Buku Online Belbuk.com

SHARE, REFERENCE & EDUCATION | Anda butuh literatur & bahan pustaka berupa: ebook, modul, laporan, jurnal, makalah, skripsi, tesis, dll. Segera hubungi kami di WA. 081284826829 | www.ArdaDinata.com
CARA UNTUK BISA SEGERA HAMIL, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI untuk masalah ini. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit bagi Anda untuk bisa berhasil dalam program hamil, karena masalah susah hamil ini adalah masalah yang kompleks dan rumit. LALU BAGAIMANA CARANYA SUPAYA BISA HAMIL SECEPATNYA? Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/RdU2nD
 CARA TERBAIK MERAWAT BAYI BARU LAHIR! Lebih 290 halaman yang akan membantu Moms dan Dads mengatasi berbagai problematika ibu dan bayi serta menjadikan pengasuhan bayi 1 tahun pertama lebih menyenangkan dan bebas stress. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/dMMxED
GUNAKAN CREAM PUTIH WAJAH yang formulanya paling lengkap, nyaman digunakan, terdaftar resmi di BPOM serta sudah terbukti ampuh dan berkhasiat. Melalui sejumlah riset yang fokus pada upaya peremajaan dan pencerahan kulit wajah dengan standar keamanan yang tinggi, akhirnya ditemukan sebuah produk pemutih wajah inovatif dengan kemampuan triple action; melindungi, mempercantik dan mencerahkan kulit wajah Anda. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/rmLLkB



Arda Dinata: PNS, Peneliti, Penulis Lepas, Pemateri, Motivator Penulisan Artikel Kesehatan dan Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA Indonesia].
www.ArdaDinata.com
ARDA DINATA
@ardadinata