- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia: "Makanan Sehat, Keluarga Sehat, Indonesia Sehat "

SELAMAT HARI KESEHATAN LINGKUNGAN SEDUNIA,
26 September.


.
"Makanan Sehat, Keluarga Sehat, Indonesia Sehat".
.
Kondisi kesehatan seseorang itu berawal dari kualitas makanan yang di konsumsi. Pantas dalam agama diajarkan makanlah makanan yang baik dan halal. Menurut saya, itulah kondisi yang pantas untuk menyebut makanan dikatakan sehat.
.
Dalam arti lain, makanan sehat itu haruslah memenuhi syarat: bahan bakunya baik, tenaga pengolahnya sehat dan peralatan yang digunakan bebas dari bibit penyakit, zat kimia berbahaya serta kondisi lingkungan yang bersih. Termasuk di dalamnya adalah cara pengemasan maupun penyajiannya baik dan menyehatkan.
.
Kalau kita perhatikan, pada dasarnya keberadaan prinsip penyehatan makanan itu bertujuan menjaga agar makanan itu aman untuk dikonsumsi manusia. Dalam arti tidak menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, seperti keracunan.
.
Dalam hal ini, saya sudah menguraikan dalam buku berjudul KESEHATAN LINGKUNGAN: 7 Kunci Menuju Indonesia Sehat, salah satunya adalah Menyehatkan Makanan. Dalam buku tersebut saya menuliskan setidaknya ada tiga faktor yang memengaruhi penyehatan makanan itu, yaitu: 1. Faktor sosial budaya masyarakat (baik konsumen maupun produsen makanan). 2. Teknologi penanganan makanan. 3. Faktor lingkungan (sanitasi). Untuk penjelasan detail dari ketiga faktor tersebut bisa langsung dibaca pada buku tersebut dan untuk mendapatkannya langsung klik link di sini: http://bukukesehatanlingkungan.blogspot.co.id .
.
Untuk itu, tidak berlebihan bila tema hari Kesehatan Lingkungan Sedunia tahun 2018 mengambil sub tema: "Makanan Sehat, Keluarga Sehat, Indonesia Sehat". Sebab, dengan mengkonsumsi makanan sehat maka akan tercipta keluarga yang sehat dan ujungnya tentu kondisi Indonesia Sehat itu akan tercapai dengan baik.
.
Selamat hari Kesehatan Lingkungan  Sedunia, semoga kita semua sadar dan dapat berkontribusi dalam mencapai kondisi Indonesia Sehat. Aamiin.
.
Pangandaran, 26 September 2018
.
Arda Dinata
IG: @arda.dinata
www.ArdaDinata.com

#hakli
#hakliindonesia
#kesehatanlingkungan

| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BBM: C00447A8B
Telegram: ardadinata