- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Pentingnya Mencegah Bayi Agar Tidak Lahir Prematur

Menjaga kesehatan pada masa-masa kehamilan adalah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap perempuan yang sedang hamil. Salah satunya adalah untuk mencegah bayi agar tidak lahir prematur.
BAYI PREMATUR umumnya memiliki siklustumbuh kembang anak yang berbeda dari bayi yang tumbuh normal. Prematur sendiri merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa diantaranya seperti merokok, penggunaan obat, alkohol, memiliki komplikasi saat kehamilan, memiliki ukuran Rahim yang sangat besar, usia ibu hamil, infeksi pada Rahim dan vagina, jarak antar kehamilan yang pendek, kelainan pada struktur Rahim dan berbagai penyebab lainnya yang cukup beragam.

Beberapa dari penyebab tersebut, bisa diatasi dengan cara pencegahan yang tepat atau dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan sehat dan selalu memeriksa kesehatan ketika pada masa kehamilan. Pada dasarnya, setiap ibu hamil dapat mendeteksi apakah bayinya akan lahir secara prematur atau tidak.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan serangkaian tes yang dapat membantu menentukan tingkat risiko ibu hamil melahirkan prematur. Ada gejala umum yang bisa kita ketahui dengan mudah, yaitu sakit punggung yang terjadi dalam waktu terus menerus atau datang dan pergi, kram pada perut, kontraksi setiap 10 menit atau sering, pendarahan pada vagina, meningkatnya tekanan pada vagina dan panggul, muntah, mual atau diare, dan keluar cairan dari vagina.

Sebagian orang yang mengalami kelahiran prematur melahirkan bayi yang normal namun mengalami tumbuh kembang yang sedikit terlambat dari bayi yang lahir normal. Tetapi hal tersebut wajar karena terdapat usia koreksi antara bayi normal dan bayi prematur.

Namun pada beberapa kasus lainnya, bayi yang lahir prematur terjadi suatu permasalahan seperti kebutaan yang diakibatkan oleh ROP (Retinopathy of Prematurity) seperti yang dipaparkan pada https://www.guesehat.com/penderita-kebutaan-akibat-kelahiran-prematur-yang-inspiratif, yang menjelaskan kecacatan tersebut terjadi akibat kelahiran yang prematur. Jadi, alangkah baiknya setiap ibu hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan untuk mengetahui cara penanggulangan kelahiran prematur pada anak. Selain itu, disarankan juga untuk selalu melakukan check up dan konsultasi ke dokter kandungan. (Adv.) 

| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BBM: C00447A8B
Telegram: ardadinata