- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Empat Mutiara Manusia


Berikut ini yang dipesankan oleh khotib Jumat di Masjid Agung Indramayu bahwa ada 4 mutiara dalam diri manusia dan keberadaannya akan hilang bila manusia tidak menjaganya dengan baik, yaitu:

1. Akal. Akal akang hilang bila ada nafsu amarah dalam diri manusia yang menguasainya. Nafsu amarah datangnya dari setan. Setan berasal dari api. Solusinya sebagai peredam dengan cara berwudhu.

2. Agama. Agama akan keluar dalam diri manusia bila terkena virus iri dengki, hasut dan semacamnya. Bila virus ini ada dalam diri kita maka hidupnya tidak akan tenang dan iman agama kita akan rusak dan hilang. Hiduplah hidup secara ridho atas ketetapan Allah.

3. Harga diri. Harga diri bisa hilang, bila manusia selalu mengharapkan pada orang lain. Manusia sudah berharap pada selain pada Allah, inilah yang menghilangkan harga diri kita. Solusinya menerima apa yang di berikan oleh Allah.

4. Amal soleh. Amal soleh akan hilang dari diri manusia bila dia bersikap hibah dan berguncing kesalahan orang lain. Solusinya kita selalu introspeksi diri dan kaji diri.

Inilah mutiara yang membuat manusia mulia dan bahagia hidupnya. Moga informasi ini bermanfaat buat kita yang membacanya. Aamiin.

Masjid Agung Indramayu, 28 Desember 2018.

salam

www.ArdaDinata.com

www.ArdaDinata.com: 
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |