- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Cara Cerdas Menjadi Dosen PERFECT dan JUTAWAN dengan Menulis Buku

CREATIVE WRITING & WRITER PRENEURSHIP: Cara Cerdas Menjadi Dosen PERFECT dan JUTAWAN dengan Menulis Buku



CREATIVE WRITING berasal dari dua kata, yaitu writing (menulis) dan creative (kreatif). Menulis kreatif ini merupakan ketrampilan hidup, bukan bakat sehingga siapa pun dapat dilatih menulis.


Menulis ini juga ada yang menyebutkan terkait dengan ketrampilan seseorang dalam mengolah kata-kata menjadi tulisan (wacana) yang memiliki daya pikat untuk dibaca. Jadi, bagi dosen menulis ini tentu menjadi kewajiban dalam menunjang profesionalisme sebagai profesi dosen.



Sementara itu, kreatif diartikan sebagai orang yang memiliki daya cipta dan kreativitas. Menulis kreatif ini umumnya adalah terkait dengan dunia karang mengarang. Namun demikian, bagi seorang dosen pun harus mempunyai kreativitas dalam menyusun dan menghasilkan tulisannya.


Sebenarnya, mengapa kita (termasuk dosen) harus menulis? Sebab, kita harus sadar bahwa manusia itu punya keterbatasan dan tempatnya lupa. Untuk itu, kita perlu merawat dan mengikat ilmu dengan menuliskannya. Apalagi, sebagai profesi dosen itu memiliki kewajiban untuk selalu menulis sebagai aktivitas hariannya agar dikatakan sebagai dosen profesional.

Terkait profesi dosen ini, ada tiga kata yang saling terkait yaitu: mengajar, membaca, dan menulis. Mengajar itu merupakan aktivitas untuk menguatkan ilmu. Semakin kita terus mengajarkan ilmu, maka ilmu yang kita ajarkan itu semakin kuat dalam ingatan seorang dosen.

Sementara itu, aktivitas membaca akan berdampak pada meluaskan ilmu. Dengan kata lain, semakin kita terus membaca, maka ilmu dan pengetahuan kita sebagai dosen akan semakin luas wawasannya. Sedangkan, aktivitas menulis itu akan menaikan derajat kefasihan ilmu. Yakni lewat menulis membuat keilmuaan dan kepakaran ilmu yang kita miliki menjadi diakui oleh masyarakat.

Dalam ebook ini, dibahas dan diuraikan terkait dunia menulis kreatif (creative writing) dan writer preneurship (wirausaha yang bergerak di bidang tulis menulis).  

Baca Selengkapnya di sini: CREATIVE WRITING & WRITER PRENEURSHIP
www.ArdaDinata.com: 
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |