- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Memanah dan Koordinasi Dalam Hidup Manusia

Memanah itu sesuatu. Olahraga ini penuh ekstra konsentrasi.
.


Kaki, badan, tangan, mata, dan pikiran menentukan ketepatan sasaran yang kita tuju. Itulah olahraga memanah, seperti hidup yang perlu koordinasi agar sampai pada tujuan yang kita ingini.
.
Dari semua anggota tubuh itu, keberadaan pikiran ini merupakan komandan yang memegang kendali. Untuk itu, kita bisa membayangkan bagaimana kondisi seseorang yang pikirannya ini tidak diisi dengan ilmu-ilmu penuh arti? Tentunya, dapat kita tebak mereka dalam hidupnya akan menghadapi banyak permasalahan yang membuat pribadinya terpuruk dalam ketidakberdayaan.
.
Pada konteks ini, pantas saja agama mengajarkan untuk mencintai ilmu dan harus mempelajarinya sampai ke liang lahat. Begitu tingginya derajat ilmu ini sehingga kita dituntut untuk terus belajar memperdalam ilmu sepanjang hidup kita. Dan tentunya setelah mendapatkan ilmu, kita diwajibkan untuk mengamalkannya. Amal inilah derajat yang setinggi-tingginya.
.
Akhirnya dari olahraga memanah saya belajar banyak bagaimana mencapai sasaran pada sesuatu yang  diinginkan. Kuncinya ada pada bagaimana kita selalu melatih mengkoordinasikan semua komponen sukses memanah itu. Inilah ilmu hikmah yang dapat kita aplikasikan dalam hidup keseharian.
.
Semoga tulisan ini bermanfaat! Salam sukses berkah selalu. Bila merasa catatan ringan ini bermanfaat, silahkan like dan share pada orang-orang yang Anda cintai dan sayangi.
.
Bekasi, 29032019
.
Arda Dinata
www.ArdaDinata.com
IG: @arda.dinata

www.ArdaDinata.com: 
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |