- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Proses Lahirnya Program Inovasi Kesehatan Lingkungan



Ada yang bertanya seperti ini, "Minta ide dong teman2. Apa yg bagus inovasi program kesling di puskesmas?"
.
Berikut penjelasan singkat saya atas pertanyaan tersebut:
.
Inovasi tiap daerah itu berbeda-beda. Filosofi lahirnya inovasi itu adalah dari sebuah "penelitian" yang dilakukan temen-temen dari permasalahan yang muncul di wilayah kerjanya. Coba biasakan berpikir analitis terhadap data kondisi kesehatan lingkungan yang temen-temen miliki dengan masalah-masalah penyakit yang terjadi di wilayah kerja kita. Terus lakukan meta analisis terhadap upaya intervensi apa yang telah dilakukan dan belum dilakukan? Saya yakin dari pola pikir seperti ini akan muncul jalan keluar yang tepat. Berawal dari pola pikir seperti ini akan lahir inovasi. Baik inovasi pembenahan program yang tepat maupun peremajaan pendekatan program yang sesuai jaman sekarang.
.
"Bener kak. Menganalisa tu yg blm di lakukan. Data hanya diatas kertas kak 🤭🤭🤭🤭," ungkap Umi Latifah seorang petugas Sanitarian puskesmas.
.
"Setuju kang...kadang2 temen2 blm memaksimalkan data yg ada sehingga bisa berbicara banyak, bahkan  menjadi anggaran. Kita hrs sdh membiasakan membuat program termasuk inovasi berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat dan permasalahan yg kita temukan dilapangan atau dr data yg sdg ada...ayo mulai berfikir kreatif....semangat semua🙏💪💪" komentar Widyawati dari Program Kesehatan Lingkungan Dinkes. Kab. Bandung.
.
"Mantul bang 👍🏻,,,,gmna tahu ada permasalah kalau belum sampai analisa, inovasi adalah sebuah alternatif pemecahan masalah yg bisa dilakukan untuk menghasilkan capaian/percepatan dlm capaian target2 tertentu dlm sebuah program," komentar Syamsudin Mairi dari alumni AKL Banjarmasin.
.
Permasalahan dan kendala itu pasti ada. Jadi, tugas kita adalah terus berusaha dan sempurnakan ikhtiar. Artinya, lakukanlah apa yang bisa dilakukan saat ini, jangan menunggu sempurna. Sambil kita terus berusaha memberdayakan sumber daya yang ada dan berkolaborasi dengan komponen lain.
.
Semoga bermanfaat dan sukses selalu aamiin.
.
Salam
Arda Dinata
www.ArdaDinata.com
IG: @arda.dinata

www.ArdaDinata.com: 
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |