- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Ekologi Manusia


“Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya, kita sebut dengan istilah ekologi.”
Manusia adalah salah satu mahluk hidup yang selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Maka dari sinilah muncul istilah baru dengan sebutan ekologi manusia.

Ekologi manusia merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Dan Keberadaan ilmu ekologi manusia ini, tentu menjadi dasar bagi mereka yang akan mendalami ilmu-ilmu kesehatan lingkungan.


Terkait dengan hubungan lingkungan hidup pada manusia maupun mahluk hidup lainnya, kita dapat membedakannya menjadi dua bagian besar.

Pertama, lingkungan internal. Yakni berupa proses fisiologis dan biokimia yang berlangsung dalam tubuh manusia pada saat tertentu. Di sini, pada umumnya manusia juga mampu menyesuaiakan diri dengan perubahan yang terjadi di luar tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Inilah yang menjadi dasar kenapa manusia disebut mahluk yang bersifat homeostatis.

Kedua, lingkungan eksternal. Lingkungan model ini merupakan segala sesuatu yang berupa benda hidup atau mati, ruang energi, keadaan sosial, ekonomi, maupun budaya yang dapat membawa pengaruh terhadap perikehidupan manusia di muka bumi.

Akhirnya, bila kita ingin mengkaji kondisi kesehatan lingkungan di suatu wilayah, maka pesan saya jangan lupakan keberadaan ilmu ekologi manusia ini. Sebab, dengan melibatkan ilmu ekologi manusia, maka hasil analisinya akan semakin “hidup”. Bagaimana menurut Anda? Tidak percaya, coba saja buktikan sendiri….!!!

Catatan: ditunggu komentar, saran, dan masukannya ya….!!!
Arda Dinata adalah penulis lepas, dosen dan tutor di Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Kutamaya.