- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Ebook Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia


Inilah Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia Untuk Anda Miliki!

Salah satu masalah kesehatan serius yang sedang hangat dibahas dan terus berusaha dientaskan bahu membahu oleh seluruh elemen pemerintah saat ini adalah Stunting. Penyebab Stunting adalah akibat kekurangan gizi yang terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu pada periode kehamilan sampai dengan anak usia 2 tahun. 

Bagaimana masalah ini dinilai serius? Berdasarkan Survei Kesehatan Nasional 2018 (Riskesdas), 30.8% persen anak-anak Indonesia di bawah usia 5 tahun mengalami Stunting. Tentunya, ini merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hal ini dikarenakan anak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. 

Berdasarkan Pengalaman global, kunci keberhasilan perbaikan gizi dan tumbuh kembang anak guna membantu pencegahan stunting adalah dengan menyelenggarakan intervensi terpadu mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif dengan melibatkan lintas sektor dan menyasar kelompok prioritas di lokasi prioritas. Di sisi lain, tingginya prevalensi Stunting saat ini menunjukkan bahwa terdapat permasalahan mendasar yaitu ketidaktahuan masyarakat terhadap faktor-faktor penyebab Stunting dan pemberian pelayanan kesehatan yang belum sesuai standar, baik di tingkat masyarakat maupun di fasilitas pelayanan kesehatan yang mendorong terjadinya Stunting. 

Berkaitan dengan hal itulah dibutuhkan peningkatan pengetahuan, keterampilan serta informasi yang benar untuk setiap kelompok sasaran sesuai perannya guna mendorong terhadap perubahan perilaku yang mendukung pencegahan Stunting. 

Pedoman Strategi Nasional Komunikasi Perubahan Perilaku yang terpadu ini disusun untuk menjawab tantangan perubahan perilaku dalam mencegah Stunting. Didalamnya menjelaskan tentang Strategi Nasional Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting yang mencakup antara lain latar belakang urgensi permasalahan Stunting di Indonesia, tujuan umum dan tujuan khusus yang ingin dicapai, kelompok sasaran, kerangka teori dan peta jalan sebagai panduan pelaksanaan program, pesan pesan kunci, indikator program, pengaturan pembagian peran dan tanggung jawab, pemantauan dan evaluasi, serta contoh implementasi kegiatan yang dapat dilakukan. 

Silahkan dibaca Ebook Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia di bawah ini ya.
Semoga dapat menambah wawasan seputar KESEHATAN LINGKUNGAN! 
👇👇👇
Referensi Terkait STUNTNG Lainnya Klik di Bawah Ini
👇👇👇