- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Cara Benar Membersihkan Botol Susu Bayi Agar Steril

Terdapat beberapa hal penting yang mungkin sering Anda lewatkan ketika sedang membersihkan botol susu si bayi. Walaupun hal ini terlihat remeh, tetapi dalam membersihkan botol susu bayi dibutuhkan kecermatan tinggi. Sebab, jika botol susu si bayi tidak bersih dapat memicu infeksi bakteri dan penyakit pada bayi Anda.

ASI ataupun susu formula cukup rentan terhadap kontaminasi bakteri, jadi jika botol susunya tidak steril bisa menyebabkan infeksi bakteri di perut bayi Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena sistem imun tubuh bayi tidak cukup kuat untuk melawan bakteri. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus mensterilkan dan membersihkannya dengan sabun botol susu bayi agar lebih aman ketika hendak digunakan kembali.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Agar Steril

Beberapa dari Anda mungkin sedikit bingung tentang bagaimana cara membersihkan botol susu bayi agar bisa steril. Sebab dengan cara yang benar, tentu saja akan memberikan sistem pembersihan yang maksimal. Sehingga tidak ada sisa-sisa susu yang tertinggal di dalam botol yang bisa menjadi bakteri.

1. Direbus dengan Suhu Tinggi

Merebus botol susu bayi dengan air bersuhu tinggi dapat membunuh bakteri yang berbahaya. Anda bisa merendam seluruh bagian botol susu, mulai dari dot, tutup dot, hingga botolnya ke dalam air rebus tersebut.

2. Menggunakan Larutan Kimia

Anda juga bisa menggunakan larutan kimia untuk membuat botol susu bayi steril. Baik larutan kimia berbentuk tablet ataupun cairan. Caranya penggunaannya bisa Anda masukkan larutan tersebut ke dalam air mendidih, lalu tinggal masukan perlengkapan botol susunya. Jika Anda ragu, bisa lihat panduan pemakaian pada label larutan kimia tersebut.

3. Mencuci Menggunakan Sabun Khusus

Untuk membersihkan dan mencuci botol si bayi, Anda harus menggunakan sabun khusus botol susu bayi. Sebab dengan sabun khusus tersebut akan membuat botol bayi Anda tetap bersih dan juga higienis. Seperti sabun Sleek Baby yang aman digunakan untuk perlengkapan si bayi.
Ketiga cara di atas dapat membuat botol susu bayi steril dan juga membuatnya lebih tahan lama. Sehingga jangan sembarangan botol susu bayi, karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi Anda. Jadi perhatian ekstra perlu dilakukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu. (Adv.)