- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Dinamika HAKLI dan Menuju Sanitarian Unggul

"Pengalaman itu mencerahkan. Rekam jejak seperti inilah yang akan mengkayakan diri kita. Pancarannya akan memberi inspirasi bagi anak negeri. Dunia pun tersenyum mesra pada pribadi yang luhur budi mengabdi untuk kesehatan negeri. Aku pun tak lelah untuk berbagi lewat ilmu yang kumiliki." (www.ArdaDinata.com)


MENJARING HIKMAH DINAMIKA ORGANISASI HAKLI
by. Arda Dinata
.

Pada saat saya sedang mematangkan konsep buah pikiran terkait bagaimana membangun dan memberdayakan profesi Sanitarian secara keilmuan dan ketrampilan di era zaman now ini. Tepatnya bagaimana membangun dan memberdayakan lulusan tenaga kesehatan lingkungan: MENJADI SANITARIAN UNGGUL & PREFECT. Padahal rencana share konsep dan pemikiran tersebut akan saya roadshow-kan ke seluruh Indonesia pada tahun 2020. Langkah awal ini telah saya bocorkan dan sampaikan saat acara: "Sumpah Profesi dan Seminar Prospek Bisnis Sanitarian di Era 4.0" pada tanggal 16 November 2019 yang digagas HAKLI Kota Bekasi.



.
Dan pada saat yang sama pada minggu ini begitu ramai suara temen-temen HAKLI seluruh Indonesia. Saya begitu senang banyak orang yang peduli akan organisasi profesi Sanitarian ini, sebab ada banyak orang yang akan merangkai puzzle sanitasi yang masih berserakan untuk dibenahi.
.
Bagi saya, dari fenomena dan dinamika ini banyak hikmah yang diambil dari riak riak gelombang dinamika orang-orang yang peduli atas keberlangsungan organisasi profesi Sanitarian ini.
.
Pertama, dari awal saya mengenyam pendidikan di APK tahun 1991, hanya kebersamaan dan persatuan para anggotanya yang akan mencapai kejayaan profesi Kesehatan Lingkungan lewat payung OP HAKLI.
.
Kedua, untuk jadi Sanitasi Unggul pada saat ini ada banyak hal yang patut kita benahi bersama. Mulai dari standar keilmuan profesi, pedoman dan pengayaan keilmuan sesuai tempat sanitarian bekerja (puskesmas, rs, klinik, ttu, wiraswasta, media digital, dan lainnya).
.
Ketiga, perlu pusat rujukan dan pemberdayaan keilmuan kesehatan lingkungan sesuai kawasan dan permasalahan yang khas wilayah Indonesia.
.
Keempat, perlu ada media untuk memfasilitasi para sanitarian yang punya minat dalam bidang inovasi dan teknologi tepat guna yang menjawab permasalahan kesehatan lingkungan.

Arda Dinata
(Founder Aplikasi InSanitarian)
IG: @arda.dinata
www.ArdaDinata.com