- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

3 Langkah Tepat untuk Pulih Pasca Caesar



Operasi caesar merupakan salah satu tindakan medis pada persalinan yang meninggalkan rasa sakit hingga berminggu-minggu. Pasien yang melakukan operasi sesar, bahkan akan merasakan sakit meskipun hanya gerakan kecil. Seperti halnya batuk, tertawa, bergeser dari tempat tidur, atau bersin. Perawatan luka operasi caesar harus dilakukan sesuai anjuran dokter.

Memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa kembali pulih. Sebaiknya anda lakukan tiga langkah tepat di bawah ini:

1. Gerak gerakan kaki yang berjalan-jalan ringan

Mungkin rasa sakit pasca operasi caesar membuat siapapun tidak ingin bergerak ataupun berjalan. Agar cepat pulih, pasien harus tetap melakukan gerakan fisik meskipun hanya menggerakkan kakinya sekedar bunda jalan-jalan jaringan.

Gerakan pergelangan kaki saat sedang berbaring di atas tempat tidur. Apabila ingin ke kamar mandi, pasien bisa berjalan-jalan ringan dengan langkahan kaki yang tidak terlalu lebar. Proses pemulihan ini dilakukan setelah bayi lahir dalam kurun waktu 24 jam.

Semakin cepat anda dapat bangun dan bergerak, semakin baik pula sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga proses penyembuhan luka dapat dilakukan oleh tubuh lebih cepat.

Tidak dianjurkan untuk mengangkat beban berat ataupun melakukan olahraga berat, karena dapat membuat luka terbuka kembali.


2. Mengelola emosi dengan baik

Mungkin karena faktor operasi, emosi pasien bisa saja berubah. Untuk mengelola emosi dengan baik, setiap pasien bisa melakukan salat salat berikut ini:

       Tidak perlu sungkan mengungkapkan apa yang tidak bisa diperbuat, apa yang membuat Anda senang dan nyaman ketika berada di samping pasangan dan orang tua terdekat Anda.

       Apabila anda merasa sedih, lelah, kecewa, dan lain-lain, jangan abaikan perasaan itu, tetapi ungkapkan lah kepada pasangan untuk mendiskusikan emosi tersebut agar bisa dikendalikan dengan baik.

       Apabila setelah melewati masa persalinan dengan operasi caesar membuat anda mengalami depresi, alangkah baiknya meminta bantuan kepada psikologis.


3. Merawat luka bekas pembedahan

Untuk melakukan perawatan luka bekas operasi pembedahan, sebaiknya dilakukan sesuai anjuran dokter. Adapun cara agar luka cepat kering, yaitu anda tidak membiarkan luka terkena air ataupun mengalami tekanan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu (Adv).