- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Silaturahmi Perpisahan Itu Menyehatkan

Sungguh silaturahmi saat perpisahan itu menyehatkan akal budi, karena didalamnya ada introspeksi diri.

Silaturahmi Perpisahan Itu Menyehatkan
by. Arda Dinata

"Perpisahan itu bagian dari silaturahmi. Datang dan pergi akan saling mengisi dalam kehidupan manusia. Dan kehadirannya itu sebagai perpindahan dari awal menuju akhir. Fenomena datang dan pergi itu sungguh menyehatkan bagi yang menjalin tali silaturahmi. Sebab, di sana ada panjang umur dan keberkahan reziki yang tak bertepi." (Arda Dinata).



Awan cerah hadir mengabdi dengan penuh akal budi. Keceriaan itu hadir dalam kebersamaan. Membahagiakan hati yang tidak bertepi. Harapan itulah yang mencerahkan. Mimpi itu motivasi diri yang menggerakkan hati. Raihlah mimpi dengan tak mengenal kata henti agar lelah itu jadi lillah.

Manusia itu bergerak. Pindah dari satu titik ke titik lain. Perpindahan itu menyehatkan. Banyak hikmah dari perpindahan. Ada nilai positif yang melanggengkan dan memberi motivasi yang tiada henti. Semua itu akan membuat cerita tersendiri. Mengabadikan prestasi untuk hidup yang penuh arti. 

Untuk itu, jangan sedih dan menangisi secara berlebihan atas terjadinya suatu perpindahan. Baik perpindahan tempat tinggal, sekolah, pekerjaan, maupun bidang keahlian yang telah kita geluti secara tekun selama ini. Ingatlah, kejadian di dunia ini tidak ada suatu hal yang kebetulan. Inilah skenario hidup terbaik yang telah Allah tetapkan. Ambil hikmah dari setiap kejadian. Yakinlah di balik setiap peristiwa kehidupan manusia itu ada ibroh sebagai histori yang bisa kita ceritakan dikemudian hari.

Hari ini, sahabat saya sesama peneliti, Pandji Wibawa Dhewantara harus pindah ke kantor pusat di Jakarta untuk mengejar cita-citanya mengabdi pada tempat yang lebih luas dan strategis untuk berkontribusi terhadap permasalahan kesehatan yang terjadi di wilayah Indonesia.

Acara perpisahan tersebut berlangsung secara kekeluargaan yang dihadiri semua pegawai di Loka Litbangkes Pangandaran, Balitbangkes Kemenkes RI. Suasana acara berlangsung secara khidmat, dan tambah lengkap lagi dengan adanya kesan dan pesan yang disampaikan oleh perwakilan pegawai. Baik yang disampaikan langsung maupun lewat rekaman video cuplikan ungkapan dan musikalisasi dari karyawan bagian kepegawaian, administrasi, para peneliti dan litkayasa.

Keakraban terlihat dari gelak tawa peserta yang hadir menanggapi isi dari pesan dan kesan yang disampaikan. Aneka rasa itu menegaskan akan pentingnya silaturahmi yang tidak boleh putus, walaupun sudah pindah di tempat yang baru. 

Pada akhir acara ada doa keberkahan yang tersampaikan pada semua yang hadir. Baik untuk teman yang akan pindah ke tempat kerja yang baru maupun untuk institusi dan para peneliti yang akan ditinggalkan. Peningkatan kelembagaan dan sumber daya menjadi harapan ke depan agar bisa melakukan penelitian yang lebih besar lagi. 
Sungguh silaturahmi saat perpisahan itu menyehatkan akal budi, karena didalamnya
ada introspeksi diri.

Catatan: 
Untuk Pandji Wibawa Dewantara selamat dan sukses berkah selalu di tempat yang baru ya! Aamiin.... 

Pangandaran, 240920

Arda Dinata
IG: @arda.dinata