- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Kebiasaan Membaca Buku

"Aku setia menemanimu kapan saja. Waktuku sepenuhnya setia bermanjaan denganmu. Rangkaian kata-katamu melahirkan inspirasi, ilmu dan amal kebaikan. Sampai kapan pun, aku selalu merindukanmu. Aku padamu, buku!" (Arda Dinata). 
Toko Sosmed
PUSAT EBOOK: KESLING-MOTIVASI-PENGEMBANGAN DIRI-
Miliki Ebook Inspiratif Karya Arda Dinata Di Sini!
Kebiasaan Membaca Buku
Oleh: Arda Dinata


Buku bisa libur panjang. Bila sang pemilik buku membiarkannya merana tidak ada yang setia menyentuhnya. Begitu merana. 

Sungguh disayangkan. Bila buku dibiarkan libur panjang. Aku tidak rela bila tumpukan buku itu dibiarkan merana tidak ada yang membacanya. Apalagi, saat libur panjang saat ini, tentu aku akan menyapanya dengan penuh manja.

Hidupku tambah sepi tanpa menyentuh bermesraan dengan bacaan. Buku sebagai bacaan telah mencerahkan hidupku. Setiap makna memberi inspirasi, ilmu dan menggerakkan amal kebaikan.

Berbicara membaca buku ada nasehat Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Utsman Al-Hanbali (w. 1308) kepada muridnya, Al-'Allamah Abdul Qadir bin Badran, yaitu: "Jika Anda membaca satu buku, janganlah terpintas dalam benak Anda untuk mengulanginya. Hal ini akan membuat Anda lalai terhadap banyak informasi, karena berharap akan menyelesaikannya saat membaca yang kedua kalinya."

Inti semua itu, mengajarkan kepada kita agar membaca (buku) menjadi kebiasaan. Bacalah buku secara berulang kali. Sungguh membaca satu buku sebanyak tiga kali lebih bermanfaat dari pada membaca tiga buku dengan sekali baca.

Para ulama membiasakan dirinya pun seperti itu. Mereka melazimi beberapa buku tertentu dengan mebacanya. Hingga ia dibuatnya jatuh cinta pada buku tersebut. Bahkan sebagian dari mereka menjadi hafal. Meski demikian, tetap saja mereka terus saja membaca buku-buku tersebut.

Sebagai contoh kisah Al-Muzani. Beliau pernah berkata, "50 tahun sudah aku mengkaji Ar- Risalah (karya Imam Syafi'i), setiap kali aku mendalaminya kembali, aku dapatkan hal-hal baru yang tak pernah aku tahu sebelumnya."

Begitu pun kebiasaan yang sama dilakukan oleh Abu Bakr bin Athiyyah. Beliau mengatakan bahwa dirinya pernah membaca Shahih Al-Bukhari berulang kali, sebanyak 700 kali.

Lalu, bagaimana kebiasaan Anda dalam membaca buku saat ini?

Salam sukses selalu.

Arda Dinata

IG: @arda.dinata 
IG: @produktifmenulis 
IG: @kesling.id

WWW.ARDADINATA.COM