- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Alasan Mengapa Sangat Penting Memiliki Asuransi Jiwa

Asuransi memberikan proteksi atau perlindungan terhadap kemungkinan resiko yang kita hadapi. Salah satunya adalah resiko musibah yang mungkin menimpa keluarga, yang kemudian di cover dengan asuransi jiwa.


Sedia payung sebelum hujan. Pepatah ini merupakan nasihat agar orang mengantisipasi risiko yang bisa terjadi di masa depan. Asuransi jiwa melakukan transfer resiko kematian dari yang kita hadapi ke perusahaan asuransi yang akan memberikan penggantian jika pihak yang diasuransikan mengalami musibah. Untuk itu menjadikan asuransi jiwa sangat penting untuk dimiliki. 

Alasannya karena asuransi jiwa merupakan produk keuangan yang akan menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena seorang pemegang polis asuransi jiwa terkena musibah bahkan meninggal dunia. Dalam hal ini, jika seorang pemegang polis adalah kepala keluarga maka penerima polis baik istri maupun anak bisa mendapatkan perlindungan. 

Sayangnya, masih banyak orang yang salah paham terhadap asuransi jiwa. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa asuransi jiwa merupakan produk yang tidak penting dan tidak akan terpakai.

Padahal manfaat asuransi jiwa sangat menguntungkan bagi pihak keluarga yang ditinggalkan. Selain itu memiliki asuransi kecelakaan kerja premi murah juga hal yang cukup penting agar menjamin kehidupan di hari tua. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan asuransi jiwa yang didapat keluarga :

1. Melindungi Diri dari Kejadian Tak Terduga

Alasan utama mengapa kamu harus memiliki asuransi jiwa adalah untuk melindungi diri dan keluarga dari kejadian tak terduga.

Selama kamu membayar premi asuransi, maka seumur hidup asuransi jiwa akan memproteksi kamu dari risiko kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, kehilangan kemampuan untuk bekerja (cacat permanen), atau musibah lainnya. 

2. Melindungi Keluarga dari Kesulitan Finansial

Memiliki asuransi jiwa membuat ahli waris (orangtua atau istri atau anak/saudara kandung) mendapatkan uang pertanggungan saat pemegang polis asuransi meninggal dunia.

Uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk mengcover kebutuhan hidup setelah sang kepala keluarga meninggal dunia.

3. Bisa Melunasi Utang

Asuransi jiwa dalam Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sering dianggap merepotkan. Padahal, asuransi jiwa dapat digunakan untuk melindungi debitur KPR ketika terjadi risiko seperti cacat fisik, meninggal dunia, atau risiko lainnya yang dapat membuat debitur kesulitan mengangsur cicilan.

4. Pengganti Penghasilan Pasangan

Jika terbiasa dengan satu sumber penghasilan maka bila tulang punggung keluarga meninggal akan berdampak pada keuangan keluarga yang ditinggalkan.

Kondisi seperti ini menjadi salah satu alasan untuk memiliki asuransi jiwa. Dana yang dibayarkan selama membayar premi asuransi bisa menggantikan penghasilan pasangan jika tulang punggung keluarga meninggal dunia.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu. (Adv)*