-->
Klik Daftar Isi Artikel di Sini!

Penulis Itu Harus Cerdas Atau Haus Ilmu?

“Buku dan kliping itu sumber ilmu yang mencerdaskan bagi penulis. Dan membaca itu wajib hukumnya bagi seorang penulis. Lagi pula, bukan kecerdasan yang membuat seorang penulis menjadi besar. Kehausan pada ilmulah yang membuat setiap goresan pena menjadi penuh makna.”

Telah Terbit BAB 9 Buku SANG PENULIS yang berjudul: Penulis Itu Harus Cerdas Atau Haus Ilmu?

“Buku dan kliping itu sumber ilmu yang mencerdaskan bagi penulis. Dan membaca itu wajib hukumnya bagi seorang penulis. Lagi pula, bukan kecerdasan yang membuat seorang penulis menjadi besar. Kehausan pada ilmulah yang membuat setiap goresan pena menjadi penuh makna.”

❤oOo❤


TUMPUKAN BUKU itu penuh pesona dan menggoda pikiran Adra. Rasa haus akan bacaan telah memaksa pikirannya terus bermimpi memiliki koleksi bacaan sendiri di rumahnya. Kalau punya koleksi buku dan kliping tematik, tentu aku tidak susah-susah kalau mencari bahan referensi untuk memperkaya muatan isi tulisan. Bisikan suara cita-cita itu terus bergema dalam hati Adra.

Dulu, sebelum mengenal kliping pers kumpulan tulisan tentang menulis karya penulis dari Bandung yang pernah dikasih Neng Eius tempo hari itu. Dalam pikiran Adra, bahan bacaan untuk referensi itu hanyalah berupa buku semata. Tapi, sekarang pikiran Adra jadi terbuka dan ternyata ada bahan referensi lain selain buku yaitu pengalaman dan kliping pers.

Kliping pers itu, dapat dibuat sendiri kalau kita rajin mengoleksi tulisan yang setema dan disusunnya dengan rapi menjadi berbentuk buku. Kliping pres itu dapat dijadikan sumber referensi yang murah meriah ketika menulis artikel. Hanya bermodalkan tumpukkan koran dan majalah bekas, gunting, lem, dan kertas tipis ukuran hvs atau folio, maka kita sudah bisa memulai membuat kliping pers sesuai tema yang diminati.

Hobi mengkliping itu sangat bermanfaat. Selain melatih kesabaran, membuat kliping pers itu diakui Sang Penulis, Adra Atanid sangat membantu para penulis mendapatkan bacaan yang berkualitas dan aktual. Lebih jauh, seorang penulis jadi belajar dan terlatih dengan aneka gaya bahasa tulisan dari membaca berbagai artikel yang dikoleksi tersebut.

“Kliping itu setara dengan buku. Bahkan ia memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan buku. Selain minim modal, isi kliping itu membantu penulis lebih selektif dalam mengumpulkan bahan bacaan yang sesuai dengan minatnya. Bahan bacaan inilah yang menjadi inspirasi dan akan memperkaya isi tulisannya.” Papar Adra pada suatu kesempatan diskusi dengan para anggota komunitas menulis yang dipimpinnya.

Adra jadi teringat akan kata guru menulisnya, bahwa seorang penulis itu tidak harus cerdas, tetapi sudah seharusnya ia haus ilmu agar tulisannya jadi berkualitas penuh makna dan terus berkembang. 

Baca selengkapnya di aplikasi KBM App. Klik link dibawah :

Berminat Order Sekarang:

Chat WhatsApp Kirim SMS

Silahkan Bagikan Info Ini Sekarang!

Komentar (0)

Posting Komentar